Tuesday, 20 November 2018

Berburu Mobil Seken dan Onderdil di PMK

Kamis, 7 April 2016 — 9:38 WIB
PASAR Mobil Kemayoran (PMK)

PASAR Mobil Kemayoran (PMK) yang dikenal sebagai salah satu ikon Jakarta di bidang otomotif, bukan hanya sebagai pusat penjualan mobil seken. Melainkan di dalamnya juga terdapat pusat pertokoan onderdil, variasi, dan perbengkelan.

Di area PMK terdapat sekitar 500 kios yang menjual aneka jenis suku cadang maupun bengkel, termasuk las ketok cat duco. “Saya sering belanja spare part di sini, karena sangat lengkap, mulai dari onderdil yang terkecil sampai terbesar semua ada di sini. Jadi, cukup datang di satu lokasi, saya bisa membeli semua kebutuhan untuk mobil pelanggan,” ujar Maksum di PMK Jl. Raya Industri, Kemayoran, Jakarta Pusat.  Dia adalah pengelola bengkel mobil di kawasan Kebon Jeruk, Jakbar.

Selain menyediakan berbagai jenis suku cadang, aksesori, maupun audivisual, soal harga juga berani bersaing. “Harganya oke. Secara umum masih bisa nego tipis, sehingga meringankan konsumen. Untuk satu jenis spare part biasanya terdapat beberapa merek dan harganya pun berbeda, ada yang murah, lumayan, maupun mahal. Jadi, kami banyak pilihan sesuai kemampuan,” jelasnya.

KONSUMEN DAERAH

Keberadaan pusat onderdil dan bengkel juga memudahkan para pedagang mobil maupun konsumen yang ingin mengganti suku cadang, menambah aksesori, maupun memperbaiki mobil.

“Pelanggan kami kebanyakan dari Jabodetabek, tapi kalau hari Sabtu dan Minggu banyak juga konsumen dari Bandung, Semarang, Lampung, untuk berburu onderdil kendaraan antik,” kata Andre, pedagang lainnya.
(joko/ak)