Sunday, 16 June 2019

Warga Sukabumi Banyak Menderita Darah Tinggi

Minggu, 10 April 2016 — 17:48 WIB
Hipertensi89

SUKABUMI (Pos Kota) – Tahun ini, penderita hipertensi atau darah tinggi di Kabupaten Sukabumi terbilang tinggi. Berdasarkan data dinas kesehatan (dinkes), mulai Januari hingga Februari penderita hipertensi mencapai 31.034 orang.

Jumlah ini mengalami peningkatan cukup tajam dibanding periode sama pada 2014. Saat itu, penderita hipertensi mencapai lebih dari 13 ribu orang.

Petugas Pengelola Penyakit Tidak Menular Dinkes Kabupaten Sukabumi, Asep Taufik, mengatakan hipertensi menjadi penyakit dengan penderita paling banyak dibanding penyakit lain. Disebutkannya, penyakit tidak menular lainnya seperti Asma yang berjumlah 5.660, diabetes 4.648 dan penyakit jantung yang berjumlah 1.374.

“Saat ini orang yang baru berusia 15 sampai 24 tahun banyak juga yang mulai menderita hipertensi. Seperti halnya 2014 ada sekitar 180. Sedangkan 2015 berjumlah 488 orang. Biasanya kan hipertensi itu untuk usia renta, tapi sekarang anak muda pun banyak yang menderita hipertensi,” katanya, Minggu (10/4/2016).

Menurutnya, kurangnya olahraga, makan tidak teratur, tingginya konsumsi garam dan kalori menjadi salah satu penyebab banyak orang yang menderita hipertensi. “Intinya gaya hidup dan pola makan yang tidak teratur menjadi penyebab banyak penderita hipertensi,” ungkapnya.

Selain itu, mudahnya pendeteksian menjadi salah satu hal yang membuat banyak ditemukannya penderita hipertensi. Berbeda dengan penyakit lainnya yang membutuhkan pendeteksian secara lanjutan untuk mengetahui penyakit. “Saking mudahnya mendeteksi hipertensi, jadi setiap tahun banyak temuan yang mengidap hipertensi,” jelasnya.

Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Rika Mutiara mengatakan, jumlah penderita hipertensi bisa lebih tinggi jika digabungkan dengan data dari rumah sakit. Data yang ada di dinkes saat ini, bersumber dari Puskesmas. (sule/yp)