Friday, 21 September 2018

Mata-mata Senior Korea Utara Membelot ke Korea Selatan

Senin, 11 April 2016 — 14:19 WIB
Mata-mata senior Korea Utara membelot ke Korea Selatan

Mata-mata senior Korea Utara membelot ke Korea Selatan

KOREA- Seorang perwira intelijen senior di tubuh militer Korea Utara telah membelot ke Korea Selatan, menurut sejumlah pejabat pemerintah Korsel.

Perwira berpangkat kolonel itu tidak disebutkan namanya. Namun, Kementerian Pertahanan Korsel menyebutkan bahwa dia merupakan agen mata-mata yang bertugas mengawasi operasi intelijen.

Sebelum membelot ke Korsel, dia bertugas di Biro Umum Pengintaian—sebuah badan yang menangani pengumpulan data intelijen, operasi mata-mata, dan peperangan siber.

Kepada kantor berita Korsel, Yonhap, seorang pejabat pemerintah Korsel mengatakan sang kolonel adalah perwira militer tertinggi asal Korut yang pernah membelot.

”Dia diyakini telah menyebutkan rincian soal operasi-operasi melawan Korea Selatan ke pemerintahan ini,” ujar si pejabat.

Wartawan BBC di Seoul, Stephen Evans, mengatakan figur dengan posisi seperti sang kolonel amat mungkin menyimpan informasi berharga mengenai seluk-beluk pemerintahan Korut yang dipimpin Kim Jong-un.

Lebih dari 28.000 orang hengkang dari Korea Utara sejak Perang Korea pada 1950 lampau. Namun, pembelotan jarang dilakukan pejabat atau perwira Korut.

Tahun lalu, seorang tentara Korea Utara menyeberangi salah satu lintasan perbatasan dan membelot ke Korea Selatan.

Serdadu berusia belasan tahun itu mendekati pos jaga Korea Selatan di zona demiliterisasi (DMZ) di Hwacheon.(BBC)