Sunday, 19 August 2018

Saluran Penuh Lumpur Akhirnya Dikeruk

Rabu, 13 April 2016 — 7:28 WIB
Petugas PPSu melakukan pengeruksan lumpur dan sampah di Jalan Baru, Cilingcing. (wandi)

Petugas PPSu melakukan pengeruksan lumpur dan sampah di Jalan Baru, Cilingcing. (wandi)

JAKARTA (Pos Kota) – Saluran air disepanjang Jalan Baru Cilincing, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara dikeruk petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

Ini dilakukan karena kondisi saluran tersebut penuh dengan lumpur sehingga jika terjadi hujan maupun air pasang selalu menimbulkan genangan dan banjir.

Lurah Kalibaru, Suyono mengakui pihaknya bersama dengan anggota PPSU di kelurahannya melakukan pengurasan saluran air yang ada di Jalan Baru, Kalibaru, Cilincing. Ini dilakukan selain kondisinya penuh dengan lumpur dan banyak dikeluhkan warga.

“Saluran memiliki lebar sekitar setengah meter dengan panjang kurang lebih 400 meter itu kondisinya penuh dengan lumpur dan sampah. Akibatnya salurannya dangkal sehingga jika terjadi hujan dan air pasang air akan menggenangi pemukiman penduduk dan genangan,”kata Suyono.

Dikeruknya lumpur tersebut tujuanya agar air lancar mengalir ke muara. Ini juga salah satu langkah antisipasi timbulnya genangan, makanya saluran tersebut dilakukan pengerukan.

Dalam pengerukan ini sebanyak 400 karung berisi lumpur dan sampah berhasil diangkat. Diharapkan dengan cara ini kedepan wilayah tersebut akan terhindar dari genangan dan banjir.
(wandi/sir)