Monday, 16 September 2019

Jatah Transmigrasi Kota Sukabumi Cuma 5 Kepala Keluarga

Sabtu, 16 April 2016 — 16:40 WIB
Transmigrasi

SUKABUMI (Pos Kota) – Jatah transmigran asal Kota Sukabumi, Jawa Barat, terbilang minim. Tahun ini, kuota transmigrasi hanya lima kepala keluarga. Padahal, animo warga untuk mengubah nasib dengan cara bertransmigrasi relatif tinggi.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Sukabumi, Bude Daryana menyebutkan idealnya jatah transmigrasi sebanyak tujuh kepala keluarga. Sehingga, masing-masing kecamatan bisa terwakili satu kepala keluarga.

“Kuotanya terbilang minim. Idealnya dari tujuh kecamatan ada tujuh KK. Tapi tahun ini, kita kuotanya hanya lima KK. Tahun ini lokasi yang merupakan tujuan bagi para transmigran berada di Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Utara,” kata Bude.

Setiap kepala keluarga, lanjut Bude, akan diberikan fasilitas lahan seluas 2 hektare dan jaminan hidup dari pemerintah selama 12-18 bulan. Para calon transmigran nantinya akan diberikan pelatihan terlebih dahulu sebelum berangkat. Satu di antaranya pelatihan pada sektor pertanian.

Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz menyebutkan relatif minimnya kuota transmigran karena Provinsi Jawa Barat mendapatkan jatah sebanyak 290 kepala keluarga. Jatah itu dibagi untuk 26 kota dan kabupaten. Bagi warga yang ingin menjadi transmigran harus memiliki niat mengubah nasib. (sule/win)