Thursday, 20 September 2018

RPTRA Menteng Dalam Akan Diresmikan Ahok, Warga: Ini Oase Bagi Masyarakat

Rabu, 20 April 2016 — 22:24 WIB
Pembangunan RPTRA Rasamala di kawasan Menteng Dalam, Tebet, Jaksel kini tinggal finishing menjelang diresmikan Gubernur DKI Jakarta pekan depan. (Rachmi)

Pembangunan RPTRA Rasamala di kawasan Menteng Dalam, Tebet, Jaksel kini tinggal finishing menjelang diresmikan Gubernur DKI Jakarta pekan depan. (Rachmi)

TEBET (Pos Kota) – Keberadaan ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) semakin dibutuhkan masyarakat. Terkait hal ini 3 RPTRA di Jakarta Selatan segera operasional, karena akan segera diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, pekan depan.

“Hunian warga semakin dikepung gedung bertingkat, RPTRA menjadi oase bagi masyarakat khususnya di permukiman padat penduduk,” kata Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan (KPMP) Jaksel, Keliek Miyarto, Rabu (20/4).

Dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan ruang terbuka yang multi fungsi, Pemko Jaksel gencar membangun RPTRA sebagai wadah interaksi warga. Keberadaan sarana publik yang dibangun di atas lahan Pemprov DKI Jakarta itu berkolaborasi dengan swasta melalui tanggungjawab sosial perusahaan (CSR).

Untuk medio April ini, koleksi RPTRA di Jaksel kian bertambah dan segera diresmikan Ahok pada 26 April serta 29 April. Meliputi RPTRA Mawar di Lebak Bulus, Cilandak, RPTRA Manunggal di Petukangan Selatan, Kecamatan Pesanggrahan dan RPTRA Rasamala di Kelurahan Menteng Dalam, Kecamatan Tebet.

“Pengerjaan ke-3 RPTRA kini tinggal finishing atau 90% seperti pengecetan, pemasangan jaringan listik dan perapihan bagian gedung,” ungkap Keliek.

Sebelumnya RPTRA Bahari di Kelurahan Gandaria Selatan, Kecamatan Cilandak menandai era dimulainya fasilitas publik ini di tingkat Jaksel. Disusul RPTRA H. Gari di Kelurahan Bintaro dan RPTRA Vila Anggrek.

Berbagai fasilitas di RPTRA dapat dimanfaatkan warga sekitar mulai ruang perpustakaan, studio mini, ruang laktasi, PKK Mart, taman bacaan yang dilengkapi kamera pemantau (CCTV).

Agar tetap eksis, operasionalisasi setiap RPTRA digarap 6 pengelola yang berkewajiban membangun kemitraan dengan warga melalui serangkaian inovasi untuk menggelorakan keberadaan RPTRA.

Keliek menambahkan khusus peresmian RPTRA di Menteng Dalam, gubernur juga akan mencanangkan Kelurahan Menteng Dalam sebagai Kampung KB yang bertujuan menekan laju pertumbuhan penduduk melalui keikutsertaan masyarakat khususnya pasangan usia subur sebagai peserta KB aktif. (Rachmi/win)