Thursday, 20 September 2018

Festival Waisak For Indonesia Bakal Digelar Sebulan di Ancol

Kamis, 21 April 2016 — 22:07 WIB
Festival Waisak Indonesia (ist)

Festival Waisak Indonesia (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Hari Raya Trisuci Waisak ke-2560 di tahun 2016 ini, Taman Impian Jaya Ancol bekerjasama dengan Badan Koordinasi Pendidikan Buddhis Jakarta akan menggelar Festival Waisak For Indonesia (FWI) selama satu bulan mulai 28 April hingga 29 Mei 2016.

Perhelatan yang digelar di Pasar Seni Ancol, Jakarta Utara akan menampilkan berbagai pertunjukan dan kegiatan, seperti festival karya seni Waisak yang memamerkan koleksi sekitar 160 seniman, international peace walk yang akan melibatkan 30.000 peserta.

“Kami targetkan pengunjung 1 juta orang baik pemeluk agama Buddha maupun umat beragama lainnya,” ujar Ketua Umum FWI Tjan Sie Tek, Kamis (21/4).

Dari kegiatan ini, pihaknya diharap akan menjadi wadah mengenalkan seni budaya dan karakter pendidikan yang bersinergi dengan wisdom dan kemanusiaan. “Kegiatan utama FWI ini nanti adalah rekonstruksi empat tempat paling suci bagi umat Buddha yaitu Lumbini, Uruvela, Taman Rusa Isipatana dan Kusinara,” katanya.

Selain itu pada kegiatan ini juga akan melukis wajah 5 tokoh nasional dengan puluhan ribu tanda tangan pengunjung. “Makanya nanti kegiatan ini diproyeksikan meraih rekor dari Museum Rekor Indonesia,” harapnya.

Sedangkan Sekretaris dan Humas FWI Gouw Tjeng Sun mengungkapkan, acara ini bertujuan memberi tahu masyarakat tentang ajaran Buddha, seni dan budaya. “Sesuai dengan tema acara ini, Meningkatkan Kualitas Diri dalam Kerukunan Hidup Beragama, kita ingin toleransi antar umat beragama terus terbina,” ucapnya. (wandi/iw)