Saturday, 23 September 2017

Penghuni Rusun Dapat Pelatihan Koperasi

Jumat, 22 April 2016 — 16:10 WIB
Koperasi Indonesia-n

JAKARTA (Pos Kota) – Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah serta Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta akan menggelar pelatihan koperasi bagi penghuni rusun. Sejumlah bekal didapat dari Kementerian UMKM yang baru saja melaunching badan koperasi berbasis information tecnology (IT).

Kepala Bidang Koperasi, KUMKMP DKI Jakarta, Robinhot Sinaga, mengatakan pelatihan rencananya digelar di Ujung Menteng, Jakarta Timur.

“Tujuannya agar warga rusun yang juga pelaku UKM dapat bernaung di wadah koperasi. Pelatihan akan dilaksanakan dalam waktu dekat,” ujarnya, Jumat (22/4/2016).

Mengenai pelatihan itu, ia mengaku materi sudah disiapkan. “Kami juga kerjasama dengan sejumlah yayasan yang memang bergerak di bidang yang sama untuk memberikan pemahaman pada pengurus baru koperasi,” kata Robinhot.‎

Upaya ini dilakukan mengingat ada arahan meneteri agar seluruh koperasi berbadan hukum. Diharapkan dengan pembentukan koperasi, penghuni rusun bisa menjual berbagai kebutuhan dan hasil karya seni yang mereka buat.

Menurutnya, koperasi rusun bisa saja menyediakan stok pangan. “Tapi untuk pelatihan awal saat ini kami hanya memberikan pengetahuan tentang koperasi. Silakan pengurus nanti bisa mengembangkan menjadi lebih bermanfaat bagi anggotanya,” tandasnya. (joko)