Tuesday, 20 August 2019

Soal Penyerapan APBD, Pemprov DKI Bantah Kemendagri

Jumat, 22 April 2016 — 7:05 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Pemprov DKI Jakarta membantah data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang merilis penyerapan APBD DKI 2016 hingga triwulan pertama masih nol persen.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Jakarta, Heru Budi Hartono memastikan, penyerapan anggaran sudah mencapai 11 persen. “Dari total anggaran Rp67,1 triliun penyerapan sudah mencapai 11 persen,” ucap Heru, Kamis (21/4).

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama juga menegaskan, tahun 2016 ini penyerapan anggaran DKI 2016 dinilai lebih cepat. “Saya kira ada kesalahan teknis saja. Kamu lihat saja penyerapan kami cepat kok,” kata Basuki.

Basuki mengaku menargetkan penyerapan anggaran hingga 90 persen. Salah satu langkah agar penyerapan anggaran bisa maksimal yakni dengan mempercepat lelang barang dan jasa. “Kami targetkan 90 persen lebih. Mana ada penyeraan nol persen,” tuturnya.

Menurut Basuki, dirinya telah membangun sistem dalam APBD DKI Jakarta. Sehingga semuanya sudah berjalan dengan sistem. Bahkan saat ini beberapa kegiatan sudah selesai lelang. “Ini jalan terus kok, yang saya bangun kan sistem. Target saya kalau nggak ada saya pasti tetap jalan,” tandasnya.(guruh)