Saturday, 17 November 2018

Lebaran, Ruas Tol Pejagan-Brebes Timur Siap Dioperasikan

Selasa, 26 April 2016 — 17:17 WIB
Gerbang Tol Brebes Timur yang siap di fungsikan.(faisal)

Gerbang Tol Brebes Timur yang siap di fungsikan.(faisal)

BREBES (Pos Kota) – Mulai Lebaran tahun  ini  ruas  Tol Pejagan-Brebes Timur sepanjang 20,2 Km  sudah bisa dilalui pemudik. Rencananya ruas ini sudah dapat dioperasikan pada bulan Mei atau lebih cepat dari rencana awal  bulan Agustus 2016.

“Ruas  yang merupakan bagian dari tol Pejagan-Pemalang ini  tengah dikebut penyelesaiannya untuk Seksi I dan II (Pejagan-Brebes Timur) dari total empat seksi yang direncanakan,” kata  Kepala Bagian Umum  Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Mahbullah Nurdin, Selasa (26/4).

Menurut Mahbullah, percepatan penyelesaian tol ini dilakukan guna membantu kelancaran arus mudik Lebaran. Pada Lebaran tahun lalu pintu keluar tol di Pejagan sangat padat namun tahun ini diperkirakan kemacetan berkurang.

“Kami prediksi pengendara yang keluar tol di Pejagan untuk menuju jalur Selatan sekitar 30 persen dan sisanya keluar di GT Brebes Timur sekitar 70 persen,” katanya.

Konstruksi tol Pejagan-Brebes Timur saat ini sudah 100 persen. Para pekerja proyek tinggal melakukan  finishing berupa pemasangan rambu-rambu dan marka jalan.

Bahkan tim yang bertugas melakukan penilaian  kelayakan operasi tengah melaksanakan tugasnya. Mereka merupakan tim gabungan dari   Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kemenhub, Kepolisian, Kementerian PUPR, serta  Kementerian BUMN.

Mengeluarkan Rekomendasi

Tim Layak Operasi ini akan bekerja selama  satu hingga dua minggu. Setelah itu jika sudah memenuhi syarat tim akan mengeluarkan  rekomendasi  bahwa ruas tol ini layak operasi atau tidak.

Biasanya yang dilihat oleh Tim Layak Operasi dalam  menentukan sebuah tol bisa digunakan di antaranya adalah kekerasan jalan, kekesatan jalan, dan pengaman bagian jalan di pinggirnya. Penilaian dari Tim Layak Operasi juga bisa merekomendasikan  keluarnya tarif Tol Pejagan-Pemalang Seksi I dan II ini.

Memang persoalan  tarif memang menjadi wewenang Meneri PUPR.Diperkirakan besaran  tarif  tersebut akan dikeluarkan setelah dilakukan uji coba pada bulan Mei 2016.

Sementara itu  Pimpinan Proyek Tol Pejagan-Pemalang, Mulya Setiawan menjamin Seksi I dan II ruas Pejagan-Brebes Timur siap digunakan untuk musim mudik Lebaran 2016. Jalan Tol Pejagan-Pemalang sendiri memiliki panjang 57,50 kilometer dan terdiri dari empat seksi yaitu Seksi I (Pejagan-Brebes Barat)-14,20 kilometer, Seksi II (Brebes Barat-Brebes Timur)-6 kilometer.

Untuk Seksi III (Brebes Timur-Tegal Timur)-  panjangnya 10,40 kilometer dan seksi IV (Tegal Timur-Tegal Barat)-26,90 kilometer. Setelah itu akan dilanjutkan hingga Pemalang. (Faisal/win)