Monday, 24 July 2017

10 Diduga Calo Diamankan dari Samsat Jakarta Timur

Senin, 2 Mei 2016 — 16:14 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) – Sempat dikejar-kejar petugas Unit Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Jakarta Timur, Senin (2/5) sebanyak 10 diduga calo tiga diantaranya wanita diamankan petugas.

Kanit Samsat Jakarta Timur, AKP Beddy Suwendi mengatakan, calo yang ditangkap pihaknya saat sedang beroperasi dengan menawarkan jasa ke wajib pajak. “Operasi bersih calo ini dilakukan karena banyaknya aduan masyarakat yang resah dengan ulah calo yang gentayangan di kantor Samsat,” katanya, Senin (2/5).

Dikatakan Beddy, calo yang menawarkan jasanya dengan sembunyi-sembunyi. Pasalnya, mereka berkedok dengan menjual koran, jual minuman, dan ada juga yang berdalih biro jasa. “Saat tengah beraksi, ke 10 calo ini pun langsung kami sergap,” ujar AKP Beddy.

Ditambahkan Kanit, dengan diamankannya calo, pihaknya langsung mendata identitasnya. Disitu, pihaknya langsung memberikan peringatan keras kepada calo agar tidak mengulangi perbuatannya. “Jika ketahuan, akan diproses dan diserahkan ke Polda Metro Jaya,” tambahnya.

Atas hal tersebut, kata Beddy, pihaknya mengimbau warga yang memperpanjang STNK tidak perlu lagi melalui jasa orang lain atau calo. Bila memang tidak mengerti, silakan untuk melapor ke petugas yang berjaga di ruang informasi. “Kami berkomitmen membasmi calo. Terlebih kami juga sudah menyiapkan tim khusus yang beroperasi setiap hari,” ungkapnya.

AMBIL UNTUNG RP30 RIBU

Agung, 29, salah seorang yang diamankan mengaku, baru beroperasi sekitar tiga minggu lalu.
Disitu ia mengaku hanya meraup Rp30 ribu untuk setiap surat yang ia kerjakan. “Ngambilnya nggak banyak pak, yang penting bisa buat makan saja,” ujarnya.

Lelaki asal Sukabumi, Jawa Barat, yang menjual jasanya di kantor Samsat Jakarta Timur, mengaku diajak rekannya. Semua dilakukan, semata-mata untuk mencari pekerjaan. “Mau cari kerja susah Pak, makanya begini saja. Apalagi setiap hari bisa dapat Rp200 ribu,” ungkapnya. (Ifand)

Terbaru

Bagi Wenger, Sanchez masih pemain penting untuk Arsenal (reuters)
Senin, 24/07/2017 — 7:39 WIB
Arsene Wenger : Alexis Sanchez Tidak Akan ke PSG
Sebastian Vettel (reuters)
Senin, 24/07/2017 — 6:53 WIB
Vettel Kemungkinan Hekang dari Ferrari
Pep Guardiola dan Danilo (thesun)
Senin, 24/07/2017 — 6:45 WIB
Danilo Resmi Gabung City