Sunday, 26 February 2017

Mahasiswi IPB Ikut MUISC di Turki

Selasa, 3 Mei 2016 — 15:16 WIB
muisc

BOGOR (Pos Kota) – Nadia Dija Aisiya, Mahasiswa Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi Manajemen, Institut Pertanian Bogor (FEM-IPB) menjadi Presenter dan Delegasi IPB dalam Maltepe University International Student Congress (MUISC) 2016. Kegiatan ini diselenggarakan Faculty of Economics and Administrative Sciences, Maltepe University di Istanbul, Turki.

Konferensi Internasional bertajuk Intellectual Capital & Entrepreneurship ini diikuti mahasiswa S1 dan S2 dari 20 universitas dari sepuluh negara seperti, Indonesia, Turki, Macedonia, Georgia, Kosovo, Kazakhstan, Rusia, Yunani, Pakistan, dan Jerman.

Nadia mempresentasikan karya tulis ilmiahnya yang berjudul “ Stakeholder Analysis of Increasing Number of Sustainable Entrepreneur in Indonesia Based on Student Creativity Program (PKM)”.
Dalam karya tulis ilmiahnya, Nadia menjelaskan tentang upaya pemerintah dalam mengakselerasi peningkatan wirausaha di Indonesia melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang mayoritas tidak berkelanjutan.

Hasil dari kajiannya tentang PKM ini, ia memberi solusi yaitu dengan adanya PKM berkelanjutan yang didisain dari tingkat Beginner, Intermediate, dan Advanced.

“Topik PKM merupakan program yang dikenal di kalangan mahasiswa Indonesia, namun di luar negeri hanya sedikit yang tahu, sehingga menjadi keunggulan kompetitif untuk paper saya,” ujar mahasiswi yang bercita-cita menjadi konsultan manajemen ini.

Nadia mengaku sangat senang mengikuti acara ini karena ini pertama kalinya ia berkunjung ke benua Eropa.

Selain itu, ia bisa mengetahui perkembangan kewirausahaan di negara-negara peserta lain, memperluas networking, dan merasakan international experience. “Yang paling terasa adalah tingkat kepercayaan diri saya meningkat. Mayoritas peserta berasal dari negara Balkan sehingga saya bisa berteman dengan peserta dari negara-negara yang jarang didengar di Indonesia,”ungkapnya.
Saat ini Nadia sedang mempersiapkan diri untuk lomba semifinal UPH Business Week dan KKN-P setelah semester 6 berakhir.

Ia juga ingin mengikuti kompetisi atau konferensi internasional terkait empat bidang yakni, Business, Economy, Entrepreneurship dan Management.“

Setelah mengikuti acara ini saya terinspirasi dengan istikah ‘We All Have Different Inspirations, but One Goal: A Better World’. Lakukan apa yang kamu mampu dan percayakan kepada Allah SWT bagian yang tidak mampu manusia kontrol. Ambisi itu penting, tapi jangan lupa, kerja keras harus diiringi dengan kerja ikhlas,”pungkasnya.

(yopi/sir)

Terbaru

Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla
Minggu, 26/02/2017 — 7:52 WIB
Luis Milla Tularkan Ilmu Kepelatihan
orgasme
Minggu, 26/02/2017 — 7:39 WIB
Perempuan Non LGBT Lebih Jarang Mengalami Orgasme
Agus Harimurti Yudhoyono
Minggu, 26/02/2017 — 6:55 WIB
Kalah di Pilkada, AHY Belajar dari Alam
Javier Zanetti
Minggu, 26/02/2017 — 6:36 WIB
Inter Kepincut Tiga Pemain Muda Italia