Friday, 14 December 2018

Meski Kalah, Atletico Madrid Maju ke Final Liga Champions

Rabu, 4 Mei 2016 — 3:47 WIB
Diego Simeone mengungkapkan kegembiraannya setelah Atletico Madrid merebut tiket ke final Liga Champions (reuters)

Diego Simeone mengungkapkan kegembiraannya setelah Atletico Madrid merebut tiket ke final Liga Champions (reuters)

JERMAN – Atletico Madrid maju ke final Liga Champions walaupun dikalahkan 2-1 oleh Bayern Munich di Allianz Arena, Rabu (4/5) dinihari WIB.

Tuan rumah terlebih dulu unggul di menit ke-31 berkat tendangan bebas  Xabi Alonso yang tidak bisa dihentikan oleh Jan Oblak.

Terus menekan, tuan rumah mendapat kesempatan menambah gol dari titik penalti setelah wasit Cuneyt Cakir menunjuk titik putih karena Gimenenz menjatuhkan Javi Martinez di menit ke-34. Namun Thomas Muller gagal memanfaatkan peluang karena Jan Oblak bisa menebak arah tembakannya.

Kegagalan Muller memberikan semangat baru bagi Atletico dan di menit ke-54, Antoine Griezmann menyamakan kedudukan.

Sundulan Robert Lewandowski di menit ke-74 membuat agregat 2-2 tapi menit ke-83, kembali wasit menunjuk titik putih. Fernando Torres yang dijatuhkan oleh Martinez di kotak penalti memberikan kesempatan bagi Atletico menambah gol namun Neuer bisa menebak arah bola sepakan Torres.

Ini adalah kekalahan di semifinal ketiga bagi manajer Bayern Munich, Pep Guardiola, yang akan pindah ke Manchester City di akhir musim ini. Pada tahun 2014, Bayern dikalahkan Real Madrid disusul dengan kekalahan oleh Barcelona pada musim berikutnya.

Thomas Muller danPhilipp Lahmtampak kecewa setelah gagal maju ke final Liga Champions (reuters)

 

Tuan rumah lebih menguasai bola dan di menit ke-12, sundulan Lewandowski nyaris menjadi gol bila tidak melebar di sisi gawang. Namun Atletico masih mampu mengancam pertahanan Bayern saat Gabi mengirimkan sepakan keras dari jarak 20 meter, memaksa Neuer melakukan penyelamatan.

Jerome Boateng yang tiga bulan harus beristirahat karena cedera memberikan umpan terobosan kepada Thomas Muller. Namun alih-alih mencetak gol, penyerang asal Jerman ini memilih mengoperkan kepada Lewandowski, membuat Oblak mampu mengusir bola sebelum striker asal Polandia membuat tuan rumah memimpin.

Philipp Lahm sempat menguji Oblak di menit ke-28 namun sepakannya masih melayang di atas mistar gawang. Tapi menit ke-31, Augusto Fernandez menjatuhkan David Alaba di dekat kotak penalti dan tendangan bebas Alonso mengoyak jaring gawang setelah arah bola berubah karena mengenai Gimenez.

Di awal babak kedua, Atletico mencetak gol setelah umpan Fernando Torres berhasil mendarat di kaki Griezmann dan pemain asal Prancis ini dengan tenang menceploskan bola melewati Neuer.

Sepuluh menit setelah sundulan Lewandowski mengubah skor menjadi 2-1, wasit kembali menunjuk titik putih karena Martinez dianggap menjatuhkan Torres di kotak penalti.  Torres yang menjadi algojo gagal menambah gol setelah Neuer bisa menebak arah bola.

Dua menit jelang akhir pertandingan, sepakan keras Douglas Costa masih bisa ditepis Oblak, memastikan Atletico maju ke semifinal kedua dalam tiga tahun terakhir. (daus)