Saturday, 17 November 2018

Syarat Beli Mobil Pribadi Wajib Punya Garasi

Rabu, 4 Mei 2016 — 5:34 WIB

PEMILIK mobil di Jakarta wajib memiliki garasi di rumahnya kembali diwacanakan. Kali ini dicuatkan Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi sepulang dari kunjungan kerja ke Tokyo, Jepang. Tokyo, seperti dikatakan Prasetio, sudah menerapkan kebijakan setiap warga yang ingin memiliki mobil harus memiliki garasi di rumahnya.

Kebijakan ini sangat mungkin diterapkan di Jakarta untuk menekan jumlah kendaraan pribadi sebagai salah satu upaya mengatasi kemacetan lalu lintas di Jakarta.

Wacana seperti ini sebenarnya sudah tiga tahun lalu dilontarkan sewaktu Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok masih menjabat sebagai wakil gubernur. Saat itu Ahok mengatakan dengan kewajiban memiliki garasi bagi setiap pemilik mobil maka dapat menekan kepadatan kendaraan di Jakarta.
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI memang tidak bisa melarang warganya membeli kendaraan bermotor, tetapi memiliki kewenangan untuk membatasi penggunaan kendaraan bermotor di jalan raya.

Di kota lain seperti Tokyo dan Singapura telah menerapkan kebijakan tersebut. Bahkan, di Singapura persyaratan memiliki mobil pribadi, lebih ketat lagi. Tidak hanya wajib ‘memiliki’ garasi di rumahnya, juga usia kendaraan dibatasi maksimal 10 tahun. Bagi yang hendak mengganti mobil baru atau memperpanjang usia kendaraan wajib membayar pajak tinggi, di atas Rp700 juta.

Kebijakan persyaratan kepemilikan mobil pribadi di Singapura tentu saja tidak bisa serta merta diberlakukan di negara kita, terutama Jakarta.Kondisi sosial ekonomi berbeda, karakter masyarakat juga berbeda, belum lagi bicara soal aturan mainnya. Namun, tidak berarti pembatasan penggunaan kendaraan pribadi di Jakarta mundur ke belakang.

Kebijakan radikal harus dilakukan jika kemacetan lalu lintas dapat teratasi. Memang tidak secara frontal, tetapi pentahapan kebijakan secara tegas tidak bisa ditunda lagi.

Jika wajib memiliki garasi sebagai persyaratan membeli mobil pribadi, segera keluarkan payung hukum berupa peraturan daerah. Sambil menunggu proses hukum ( selesainya perda), bisa melakukan tindakan hukum dengan peraturan yang ada. Pemilik mobil yang tidak memiliki garasi, dan parkir di pinggir jalan kenakan sanksi atau ditilang dengan alasan mengganggu ketertiban umum. Hanya saja, kebijakan ini harus konsisten dan mendapat dukungan semua pihak. (*).

  • Mei Lan

    BO terpercaya hanya ada di sini gan, A*R*E*A*T*O*T*O* pin BB : 2B437694, silakan di daftar ya gan :D

  • Mencrred Mancebo

    Banyak warga DKI yang tinggal di gang memarkir mobilnya di jalan2 dan FASUM spt taman karena mobil sudah murah banyak yg bisa mbeli, naik bis rawan gerombolan copet jambret dan penjahat seks.