Friday, 16 November 2018

Melintas Sungai Cisadane

Atasi Macet di Tangerang Perlu Dibangun Jembatan

Jumat, 6 Mei 2016 — 0:45 WIB
Foto ilustrasi

Foto ilustrasi

TANGERANG (Pos Kota) – Pemkot Tangerang didesak membangun jembatan baru yang melintasi Sungai Cisadane di kawasan Bendungan Pintu Air Sepuluh. Tujuanya mengurai kemacetan yang kian parah di sejumlah ruas jalan di kawasan itu.

Sejumlah warga kemarin, mengungkapkan kemacetan hampir setiap hari terjadi di Jl. KS Tubun, Jl Arya Kemnuning, dan Jl. dr JB Sitanala.. Penyebabnya, laju kendaraan tertahan di bibir Jembatan Koang Jaya yang tergolonmg sempit karena hanya bisa dilintasi dua kendaraan secara berlawanan.

Padahal, arus kendaraan dari arah Jl. KS Tubun dan Jl. Arya Kemuning yang akan melintasi jembatan ke Jl. dr JB Sitanala, pun sebaliknya, sangat padat. Akibatnya, tejadi antrean panjang kendaraan yang membuat jengkel pengendara.

“Bila Pemkot Tangerang membangun kembali satu jembatan bersebelahan dengan jembatan yang sudah, maka kepadatan arus kendaraan akan mampu dicairkan,” papar Ismail, warga Pasar Baru. “Sebenarnya itu sudah digagas sejak lama, tetapi tak ada realisasinya,” katanya.

BISA TEMBUS

Jembatan baru ini, diungkapkan Nono, warga lainnya, bisa menembus depan Kantor PDAM Kota Tangerang dan lurus ke Jl. Surya Dharma, sehingga dapat dimanfaatkan untuk masing-masing satu arah dengan jembatan. “Pasti kemacetan akan cair,” ucapnya.

Kebijakan membangun jembatan yang diusulkan warga sampai saat ini belum ada kejelasannya. Padahal sebelumnya telah digagas untuk dibangun bekerjasama pemerintah pusat dengan anggaran mencapai Rp70 miliar. (djamal)