Sunday, 18 November 2018

Macet ke Puncak Mulai Berkurang, Rekayasa Lalulintas Masih Diberlakukan

Sabtu, 7 Mei 2016 — 18:10 WIB
Macet di Puncak hari ketiga libur panjang masih terjadi

Macet di Puncak hari ketiga libur panjang masih terjadi

BOGOR (Pos Kota) – Hari ke tiga libur panjang, Satuan Lalulintas Polres Bogor masih melakukan rekayasa jalur.

Pengaturan jalur baik melalui jalur alternatif maupun sistim one way diberlakukan, guna menghindari kemacetan panjang.

Sehari sebelumnya yakni pada Jumat (6/5), akibat kemacetan panjang hingga mengular sampai Cianjur bagi kendaraan yang hendak mengarah ke Bogor dan Jakarta, Lalulintas Polres Bogor melakukan one way ke bawah selama sebelas jam.

Sistim ini mampu mengurai kemacetan panjang dari jalur atas. Namun sebaliknya, karena lamanya jalur dibuka untuk kendaraan kearah atas, menimbulkan kemacetan panjang hingga masuk tol Jagorawi sejauh 10 Km.

Dampak kemacetan ini, banyak kendaraan akhirnya berputar kembali untuk pulang ke Jakarta.
Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Bramastyo Priaji SIK pada Sabtu (7/5)kembali melakukan rekayasa jalur.

Pada Sabtu pukul 10.00 WIB pagi, untuk gate tol utama Ciawi Exit arah Selatan, di buka 7 gate, sehingga antrian hanya sekitar 25 kendaraan ke belakang. Sebaliknya, Entrance untuk arah Jakarta, di buka 5 gate, sehingga antrian nihil.

Untuk jalur Bopuncur saat diberlakukan one way arah Puncak Cianjur, hambatan simpang Pasir Muncang arah ke atas, nampak antrian sampai dengan Pos Polingga 1 B. Sebaliknya, arah ke bawah, tidak tampak antrian alias lancar.

Di simpang Megamendung, untuk arah ke atas, antrian juga nihil. Begitu juga sebaliknya, arus lalulintas lancar. “Rekayasa arus lalin, saat Jalur puncak terbuka satu arah menuju Puncak Cianjur lancar,”kata AKP Bramastyo Priaji, Kasat Lantas Polres Bogor.

Sementara untuk jalur Bocimi, untuk jalur pasar Ciawi arah ke Sukabumi, antrian terlihat sejauh 200 meter. Di arus sebaliknya yakni arah ke Jakarta, juga nampak antrian sepanjang 100 meter.

Di simpang Ratna dan simpang Cikereteg serta pasar Caringin, untuk dua arah baik ke Sukabumi, maupun ke Jakarta, tidak ada antrian.

AKP Bramastyo menegaskan, anggota Lantas Polres Bogor, saat ini berada di titik plotingnya masing-masing dengan prioritas penarikan kendaraan ke arah atas menuju Cianjur dan sekitarnya. (yopi)