Thursday, 13 December 2018

Anies : Sekolah Jujur Laksanakan UN akan Dapat Piagam

Senin, 9 Mei 2016 — 8:23 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan

JAKARTA (Pos Kota)-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan meninjau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMP tahun 2016 di SMPN 114 dan SMPN 30 Jakarta Utara. Dari pantauannya ke lapangan pelaksanaan ujian nasional hari pertama berjalan lancar.

“Saya berpesan kepada guru dan siswa agar senantiasa menjaga kejujuran. Percaya pada jawaban sendiri insya Allah dapat hasil terbaik,” katanya di sela-sela peninjauan pelaksanaan UN di SMP Negeri 30 Jakarta Utara, Senin (9/5).

Menurut Anies, sejak tahun lalu UN memang tidak lagi menjadi standard kelulusan siswa. Seorang siswa dinyatakan lulus setelah dimusyawarahkan oleh dewan guru dengan mempertimbangkan seluruh mata pelajaran yang diberikan. Hasil UN level SMP akan dijadikan bahan untuk meneruskan ke jenjang SMA.

Anies menambahkan sejak tahun lalu pula UN dilaporkan dengan dua angka yakni akademik dan indeks integritas. Setiap sekolah akan mendapatkan indeks integritas yang menggambarkan kejujuran dalam pelaksanaan UN.

“Kalau dulu masyarakat yang lapor, kini negara yang melaporkan, menunjukkan kepada semua. Sekolah yang baik dan jujur mendapat piagam, “ lanjutnya.

Tahun ini selain ujian nasional berbasis pensil dan kertas, sebanyak 984 sekolah mengikuti ujian nasional berbasis komputer atau melonjak 2300 persen.Anies berharap UN SMP berjalan lancar dan semua sekolah mengedepankan kejujuran. (faisal)