Friday, 17 November 2017

90 Persen Pelecehan Seks Menimpa Anak, Ini 5 Cara Mencegahnya

Kamis, 12 Mei 2016 — 22:47 WIB
ilustrasi

ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) –Dalam sebuah penelitian, 90 persen pelecehan seksual terhadap anak dilakukan oleh orang yang dikenal korban. Di Inggris ada data yang menyebutkan satu dari 8 anak merupakan korban pelecehan. Data Komnas Perlindungan Anak menyebutkan 85 persen pelecehan seksual dilakukan oleh keluarga.

Pelecehan seksual tidak hanya mengancam anak-anak terutama perempuan tetapi juga terhadap orang dewasa. Memang menurut data itu 75 persen dari korban pelecehan seksual adalah anak-anak. Karena itu semua perlu berhati-hati dan selalu waspada. Sebelum itu menimpa tentu saja ada lima hal yang bisa diperhatikan misalnya:

1. Selalu waspada, ini terkait dengan sikap, keyakinan dan perbuatan. Kewaspadaan bisa mencegah kejahatan berkurang setengah daripada mengabaikan. Misalnya tidak berjalan sendiri di tempat sepi atau tidak membiarkan anak sendiri dan luput dari pengawasan pada saat-saat tertentu. Ingat bahwa terjadinya kejahatan tidak hanya terjadi karena niat tetapi juga kesempatan.

2. Penampilan, seringkali bisa memancing pelaku untuk melakukan pelecehan seksual. Karena itulah ada istilah yang sering dilontarkan ‘mancing miring’. Calon pelaku yang semula tidak berniat melakukan pelecehan karena terpancing oleh penampilan menjadi tergoda untuk melecehkan. Pelaku bisa berbuat lebih ketika punya kesempatan melakukan. Tampilah sewajarnya sehingga tidak menggoda, kalau niatnya memang bukan penggoda.

3. Harus berani melawan ketika ada ancaman. Jangan diam atau bahkan membiarkan. Diam dan membiarkan seringkali disalah artikan hingga pelaku semakin berani melakukan pelecehan. Kalau tidak berani melawan secara fisik sebaiknya menghindar atau kalau terpaksa sebaiknya teriak jika terancam.

4. Bela diri dalam tahap tertentu bisa untuk prestasi. Tapi yang terpenting tidak ada batasnya kemampuan bela diri sehiungga bisa menjadi alat menjaga diri selamanya. Kemampuan membela diri juga akan meningkatkan rasa percaya diri untuk menghadapi berbagai serangan dan godaan, baik dari dalam maupun dari luar diri mereka.

5. Jangan percaya 100 persen. Survery membuktikan pelecehan ataupun kejahatan seksual 90 persen dilakukan oleh orang yang dikenal korban bahkan orang dekat korban. Karena itu jangan percaya sepenuhnya kepada pacar, orangtua tiri, saudara dekat, saudara jauh dan seterusnya. Kenyataannya mereka potensial menjadi pelaku pelecehan seksual.(*/us)