Sunday, 23 July 2017

Pelecehan Seks Terhadap Anak di Sukabumi Meningkat

Kamis, 12 Mei 2016 — 19:52 WIB
ilustrasi perkosaan (eka)

SUKABUMI (Pos Kota) –Kota Sukabumi seperti menjadi ladang tempat terjadinya pelecehan seksual terhadap anak-anak. Sebagian trauma dari ringan hingga berat. Pelakunya mayoritas orang terdekat seperti ayah tiri dan sepupu.

Berdasarkan data Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Sukabumi mencatat, pada triwulan 2016 Januari-Maret kekerasan seksual ada 17 kasus, 15 korban di antaranya adalah anak-anak. Jumlah kasus kekerasan seks anak pada April dan Mei meningkat jadi 18 korban. Semuanya korbannya anak perempuan yang rata-rata masih duduk SMP.

Sekretaris P2TP2A Kota Sukabumi, Joko Kristianto, Kamis (12/5) mengakui korban kekerasan seksual di wilayahnya didominasi anak-anak. Anak-anak yang jadi korban kekerasan seksual sebagian mengalami trauma.

“Sebagian korban yang trauma telah mendapatkan penanganan dan pendampingan secara psikologi dari P2TP2A dan Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3). Pelaku kekerasan seksual anak kebanyakan orang terdekat korban,” jelasnya.

Ditegaskan Joko, untuk mewaspadai kasus kekerasan seksual anak diperlukan peran aktif orangtua dalam mengawasi anak-anaknya. “Kasus kekerasan seksual anak sangat mengkhawatirkan. Makanya perlu peran terutama orangtua terhadap anaknya,” cetusnya. (sule/us)