Sunday, 23 September 2018

Dijadwalkan, 4 WNI Sandera Abu Sayyaf Dipulangkan Sore Ini

Jumat, 13 Mei 2016 — 11:40 WIB
Menlu Retno Marsudi bersama 4 WNI sandera Abu Sayyaf di Lanud Halim Perdana Kusuma. (rihadin)

Menlu Retno Marsudi bersama 4 WNI sandera Abu Sayyaf di Lanud Halim Perdana Kusuma. (rihadin)

JAKARTA (Pos Kota) – Pemerintah berencana segera mengembalikan empat WNI yang dibebaskan dari penyanderaan kelompok Abus Sayyaf  ke keluarganya.  Mereka dipulangkan sore ini juga bila kondisi kesehatan dinyatakan tak bermasalah.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi,  saat menyambut kedatangan empat WNI itu di Lanud Halim Perdanakusuma, Jumat (12/5/2016).  Empat  WNI itu adalah  Keempat sandera itu adalah M Ariyanto Misnan, Lorens Marinus Petrus Rumawi,  Dede Irfan Hilmi dan Syamsir.

“Bila semua dinyatakan sehat, sore ini juga pemerintah, melalui menlu, akan mengembalikan ke keluarga masing-masing,” kata Menlu Retno usai menyalami keempat WNI korban penyanderaan itu.

(Baca: Tiba di Halim, 4 WNI Sandera Abu Sayyaf Disambut Menlu Retno)

Keempat WNI yang secara kasat mata terlihat sehat itu akan langsung menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Mereka adalah ABK Kapal Tunda TB Henry dan Kapak Tongkang Cristo. Kapal mereka dibajak saat melintas di perairan saat kembali dari Filipina menuju Tarakan, Kalimantan Timur. (ifand/yp)