Sunday, 18 November 2018

Tekad Perlawanan Hukum Presiden Dilma Rousseff

Jumat, 13 Mei 2016 — 7:06 WIB
Dilma Rousseff dimakzulkan senat Brasil

Dilma Rousseff dimakzulkan senat Brasil

BRASIL- Presiden Brasil, Dilma Rousseff, bertekad menggunakan semua langkah hukum yang tersedia untuk menentang pemakzulan atasnya.

Pemungutan suara di Senat yang mendukung proses penuntutan mundurnya, membuat dia diberhentikan sementara sampai enam bulan selama masa persidangan atasnya.

“Atas nama rakyat Brasil, saya akan berjuang dengan semua langkah hukum yang tersedia untuk menuntaskan masa jabatan hingga 31 Desember 2018.”

Dia juga menyebut pemakzulan atasnya sebagai ‘kudeta’ dan ‘lelucon’ dalam pidato pertamanya yang disiarkan di TV setelah keputusan Senat.

Wakil Presiden Michel Temer ditunjuk sebagai pelaksana tugas presiden dan sudah menyusun kabinet baru dengan menteri keuangan baru, Henrique Meirelles, yang sebelumnya memimpin Bank Sentral.

Rousseff menegaskan dia mungkin membuat kesalahan namun tidak melakukan kejahatan.

Senat Brasil melakukan proses pemakzulan dengan tuduhan memanipulasi data keuangan untuk menutup-nutupi defisit anggaran menjelang pemilihan presiden yang dimenangkannya kembali tahun 2014.

Sebanyak 55 anggota Senat mendukung pemakzulan atas Rousseff dan 22 menentang dalam sidang sepanjang malam yang berlangsung sampai sekitar 20 jam.(BBC)