Monday, 19 November 2018

Jumlah Bank Sampah di Jakarta Masih Minim

Rabu, 18 Mei 2016 — 19:43 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Keberadaan bank sampah di DKI Jakarta saat ini masih jauh dari harapan. Idealnya tiap RW harus ada bank sampah yang multifungsi antara lain mengurangi timbunan sampah yang akan dibuang di TPST Bantar Gebang, sekaligus menjadi pekerjaan sambilan bagi penggiat daur ulang.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, saat ini tercatat cuma ada 376 bank sampah yang tersebar di lima wilayah kota. “Belum ideal, mengingat jumlah RW saja lebih 2.000, tapi bank sampah baru segitu. Kita harap ke depannya bisa terus bertahap ditambah,” ujarnya di Balaikota DKI Jakarta Rabu (18/5).‎

Menurut Adji, penambahan bank sampah bisa dilakukan di seluruh sekolah dan pasar. Tempat semacam ini sangat potensial untuk dibentuk bank sampah.

‎”Untuk memotivasi masyarakat mendirikan bank sampah, rencananya kami akan anggarkan pengadaan mesin pencacah sampah,” ucap Adji. Mesin tersebut digunakan untuk mencacah sampah organik yang akan diproses menjadi pupuk kompos. Jadi, akan lebih banyak sampah bisa diolah, sehingga mengurangi aktivitas pembuangan ke Bantar Gebang,” tandasnya. (Joko)