Monday, 11 December 2017

Wagub Djarot: Honor Anggota FKDM Dinaikkan 200 Persen

Kamis, 19 Mei 2016 — 16:04 WIB
Wagub DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat dan Walikota Jakbar, HM Anas Efendi, Kepala Kesbangpol DKI, H. Ratiyono dan Wakil walikota, M. Zen bersama warga penerima bantuan. (tarta)

Wagub DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat dan Walikota Jakbar, HM Anas Efendi, Kepala Kesbangpol DKI, H. Ratiyono dan Wakil walikota, M. Zen bersama warga penerima bantuan. (tarta)

KEMBANGAN (Pos Kota) – Honor pengurus dan anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di Jakarta akan dinaikkan 200 persen oleh Pemprov DKI Jakarta pada tahun 2017.

Diharapkan dengan kenaikan ini akan menambah semangat kinerjanya demi ikut menciptakan situasi dan kondisi wilayah yang kondusif.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat mengungkapkan hal tersebut saat silaturahmi dengan pengurus dan anggota FKDM se-Jakarta Barat (Jakbar), Kamis (19/5) di kantor walikota. Hadir Walikota Jakbar, HM Anas Efendi, Kepala Kesbangpol DKI Jakarta, H. Ratiyono, Wakil Walikota, M. Zen, Ketua FKDM DKI, Rico Sinaga dan Ketua FKDM Jakbar, Insyaf Santosa.

“Mudah-mudahan honor yang diterima pengurus dan anggota FKDM tahun 2017 akan naik menjadi 200 persen,” jelas Djarot. Penjelasan tersebut langsung disambut tepuk tangan dari ratusan pengurus dan anggota FKDM se-Jakbar.

Kenaikan honor bagi pengurus dan anggota FKDM mengingat selama lima tahun lamanya, tidak ada anggaran tambahan yang dialokasikan melalui APBD DKI Jakarta. “Jadi honor yang diterima sejak tahun 2011 tidak mengalami kenaikan. Mudah-mudahan tahun depan,” ucapnya.

Indra, satu pengurus FKDM Jakbar sangat mengapresiasi dan menyambut positif dengan rencana Pemprov DKI Jakarta untuk menaikkan honor pengurus dan anggota FKDM. “Ini merupakan satu bentuk penghargaan dan perhatian dari Pemprov DKI Jakarta. Ini patut disyukuri,” katanya.

Tanggung Jawabnya

Mantan Walikota Blitar ini meminta anggota FKDM tidak melihat honor yang diterima. Tapi visi dan misi serta tanggung jawab yang diembannya. “Saya tidak mau anggota FKDM tidur terlelap, bantu camat, lurah dan masyarakat untuk menciptakan keamanan bersama,” tegas Djarot.

Dia juga mengapresiasi kegiatan sosial pemberian santunan kepada 100 warga dan donor darah yang dilakukan FKDM Jakbar. “Ini kerja bakti nyata kemanusiaan yang luar biasa. Mandiri dan saling bergotong royong untuk membantu masyarakat serta memiliki karakter,” ujarnya.

Selama ini honor pengurus dan anggota FKDM bervariasi, untuk tingkat provinsi ketua Rp 600 ribu/bulan, wakil ketua Rp 575 ribu/bulan, sekretaris Rp 550 ribu dan anggota Rp 500 ribu. Tingkat kota/kabupaten, ketua Rp 500 ribu/bulan, wakil ketua Rp 475 ribu/bulan, sekretaris Rp 450 ribu/bulan dan anggota Rp 400 ribu/bulan.

Tingkat kecamatan, ketua Rp 400 ribu/bulan, wakil ketua Rp 375 ribu/bulan, sekretaris Rp 350 ribu/bulan dan anggota Rp 300 ribu/bulan. Tingkat kelurahan ketua Rp 300 ribu/bulan, wakil ketua Rp 275 ribu/bulan, sekretaris Rp 250 ribu/bulan dan anggota Rp 225 ribu/bulan. (tarta/win)