Saturday, 26 May 2018

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok Sambangi Masjid Luar Batang

Sabtu, 21 Mei 2016 — 18:57 WIB
Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, Hanny Hidayat bersilaturahmi dengan Imam Besar KH Hasyim di Masjid Luar Batang.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, Hanny Hidayat bersilaturahmi dengan Imam Besar KH Hasyim di Masjid Luar Batang.

PENJARINGAN (Pos Kota) – Untuk mempererat tali silaturahmi, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Hanny Hidayat menyambangi tokoh agama di Masjid Kramat Luar Batang, Penjaringan Jakarta Utara, Sabtu (21/5).

Dalam kesempatan itu, kapolres bertemu dengan Imam Besar KH. HASYIM untuk membangun ukhuah islamian Polri dengan tokoh agama penjaringan. Posisi Masjid Luar Batang sendiri bersebelahan dengan Polsek Kawasan Sunda Kelapa.

“Kedatangan kami sifatnya silaturahmi dan memperat hubungan antara Polri dengan imam besar dan juga majelis taklim masjid kramat luar batang,” kata Hanny.

Masjid Kramat Luar Batang berada di tengah kampung padat permukiman buruh dermaga dan nelayan di Penjaringan. Berada di antara gang sempit, sekitar 300 meter dari jalan utama Pasar Ikan, yang jelas, masjid ini mampu menjadi pelindung dari hawa panas musim kemarau di Jakarta Utara.

Masjid Luar Batang tergolong masjid tua di Jakarta. Konon, masjid ini dibangun pada 1732 M oleh Alhabib Husein bin Abubakar bin Abdillah Al Aydrus. “Ia tiba di Pelabuhan Sunda Kelapa, Batavia, dari Hadramaut, Yaman, ketika wilayah Luar Batang masih berupa rawa -rawa,”kata imam besar KH Hasyim. (ilham)