Tuesday, 20 November 2018

Sungai Buat Kita Semua Juga Anak-anak Kita

Sabtu, 21 Mei 2016 — 6:05 WIB

PERNAH membayangkan anak-anak atau bocah-bocah Jakarta bermain dan bercanda gurau sambil berenang di sungai-sungai Jakarta?

Pemandangan seperti itu barangkali cuma terjadi di Jakarta pada tahun-tahun 60-an lalu ketika sungai-sungai di Jakarta masih jernih dan bening. Sekarang, kita sama-sama tahu bahwa sungai-sungai di Jakarta betapa hitam pekat. Bagaimana mungkin anak-anak bisa bermain atau berenang di sungai yang airnya mirip oli bekas tersebut.

Sungai-sungai atau kali di Jakarta demikian kondisinya, tentunya karena ulah kita semua yang tidak bisa menghargai dan merawatnya. Sampah-sampah kotor dibuang seenaknya ke sungai.

Bahwa kemudian Pemprov DKI mengancam denda antara Rp500 ribu hingga Rp5 juta sejatinya bukan untuk menangguk pemasukan buat daerah, tetapi fokus kepada efek jera supaya warga tidak lagi buang sampah sembarangan.

Di Jakarta sendiri sebenarnya anak-anak dan bocah-bocahnya boleh dibilang hampir-hampir tak lagi punya tempat atau lahan bermain. Jadi, jika kali dan sungai di Jakarta bisa bersih dan jernih tentunya bisa menjadi tempat bermain buat mereka.

Nah, sekarang mari kita dukung program Pemprov DKI agar semua sungai dan kali di Jakarta bisa (kembali) bersih dan jernih. Bagaimana pun, sungai dan kali itu milik kita bersama. (august suzana)