Sunday, 18 November 2018

Rumah si Pitung Bakal Jadi Tempat Wisata

Minggu, 22 Mei 2016 — 18:15 WIB
akil Gunernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat, mengunjungi Gereja Tugu. (Wandi)

akil Gunernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat, mengunjungi Gereja Tugu. (Wandi)

JAKARTA (Pos Kota) – Wakil Gunernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, akan kembali memperbaiki dan mengembangkan 12 destinasi wisata pesisir di Jakarta Utara. Alasannya, tempat-tempat itu merupakan caga budaya yang tetap harus di pertahankan keasliannya.

Pernyataan ini disampaikan oleh orang nomor dua di DKI Jakarta saat melakukan pengecekan dan kunjungan ke jalur destinasi wisata pesisir. “Kami sudah melakukan pengecekan lokasi 12 destinasi wisata mulai dari Kawasan Marunda, Gereja Tugu, JIC, Station Tanjung Priok hingga ke Taman Mangrove di Penjaringan. Nantinya lokasi-lokasi itu akan kita kembangkan lagi,”jelas Djarot Saiful Hidayat, Minggu (22/5/2016).

Ia menilai Jakarta Utara memiliki banyak potensi yang bisa digali, terutama 12 jalur destinasi pesisir Jakarta Utara. Makanya, harus dikembangkan dan dilestarikan keaslinnya.

Djarot juga memberi contoh rumah si Pitung dan Gereja Tugu yang mempunyai nilai historis yang mesti dilestarikan tapi juga perlu perbaikan sarana dan prasarananya. Termasuk harus gencar mempromosikan sehingga lokasi ini akan menjadi tujuan wisatawan.

“Jadi dari hasil peninjauan ini kita akan evaluasi dan mana yang harus kita lakukan perbaiki dan dikembangkan. Apalagi cagar budaya punya nilai catatan sejarah, maka dari itu harus ada sentuhan agar dapat menarik wisatawan datang,” tegasnya.

Sementara itu, Assisten Pemerintahan DKI Jakarta, Bambang Sugiono, yang mendampingi Wakil Gunbernur mengakui masyarakat butuh lokasi wisata yang gratis. “Karenanya kami ingin mengembangkan potensi yang ada di Jakarta Utara. Dari lima wilayah di DKI Jakarta, yang meliliki potensi wisata hanya di wilayah ini,” katanya. (wandi/yp)