Monday, 11 December 2017

BUMDes Lebihi Target, Desa-desa Makin Mandiri Secara Ekonomi

Senin, 23 Mei 2016 — 15:34 WIB
Marwan Jafar.  (ist)

Marwan Jafar. (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Pembentukan BUMDes (Badan Usaha milik Desa) sudah melebihi target 5000. Kini jumlahnya mencapai 12.115 BUMDes, 12 kali lipat dibandingkan tahun 2014 yang hanya mencapai 1.022 BUMDes. Dengan perkembangan BUMDes yang pesat,  dapat dikatakan desa-desa menjadi lebih mandiri secara ekonomi.

“Jika desa-desa  dapat mandiri secara ekonomi maka hal tersebut akan berdampak pada peningkatan perekonomian daerah sebagai sebuah hasil akumulasi,” ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar yang akhir pekan lalu mengukuhkan  pengurus 278 BUMDes di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Serap Pekerja

Menurut Marwan, keberadaan BUMDes juga mampu menjadi sarana penyerapan tenaga kerja di desa, peningkatan kreativitas masyarakat desa, dan membuka peluang usaha ekonomi produktif di desa.Dengan demikian, BUMDes akan hadir menjadi tulang punggung perekonomian desa dalam rangka mewujudkan kemandirian desa dan mencapai cita-cita pembangunan, yakni peningkatan kesejahteraan warganya.

“Contohnya dalam bidang pertanian, BUMDes dapat membantu pengelolaan lumbung pangan, bank benih dan pupuk, lantai jemur gabah, sarana produksi pertanian, sarana pengolahan hasil panen, serta kios beras. Di bidang perikanan, BUMDes dapat menyediakan perahu dan alat tangkap ikan, sarana pengeringan, gudang penyimpanan, hingga pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI), ” ujarnya.

Marwan mengapresiasi langkah Kabupaten Parigi Moutong dengan Investor di 278 BUMDesa. Dalam hal ini tentu saja pemerintah tidak bisa sendiri dalam membangun desa perlu adanya dukungan dari berbagai pihak.

“Kami memandang ini sebagai langkah  konkrit yang patut dicontoh dalam upaya mempercepat pertumbuhan ekonomi. Kami optimis jika  pembangunan desa di dukung oleh para investor maka pembangunan desa akan berjalan dengan baik,” kata Marwan.(Tri/mb)