Monday, 24 April 2017

Cagub DKI Dari PKS

Muhamad Idrus Ingin Tularkan Semangat Gotong Royong

Kamis, 26 Mei 2016 — 15:51 WIB
Muhammad Idrus dalam suatu kesempatan di tengah-tengah warga. (ist)

Muhammad Idrus dalam suatu kesempatan di tengah-tengah warga. (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta dari PKS Muhamad Idrus berkeinginan untuk tularkan semangat gotong royong kepada warga DKI Jakarta.

Langkah ini diakuinya agar warga tak bersikap egois atau kurang peduli pada lingkungan sekitarnya. Sehingga dengan semangat gotong royong tersebut bisa menjadikan warga Jakarta lebih solid dan kekeluargaan untuk sama-sama mengatasi persoalan ibukota.

Ia merasa prihatin, ternyata masih ada kasus temuan 17 balita yang menderita gizi buruk dan kekurangan gizi di Jakarta Pusat. Hal itu seharusnya tak akan terjadi kalau ada kepedulian antar-masyarakat. Tentu sebagai warga yang baik tak akan tinggal diam jika mendapati tetangganya sedang menderita busung lapar, gizi buruk, dan masalah lain yang memerlukan kerjasama yang baik dari para warga.

“Mengatasi persoalan Jakarta itu butuh peran serta masyarakat. Yuk, kita bareng-bareng dengan pemerintah mengatasi persoalan yang membelit ibukota,” tutur Idrus.

Semangat gotong royong warga ini merupakan salah satu dari nilai kearifan lokal Indonesia dan pilar program lingkungan yang diusung Idrus jika terpilih sebagai gubernur DKI Jakarta.

Seperti diketahui, bahwa Idrus yang dikenal dengan jargon #JakartaKEREN ini memiliki tiga pilar program unggulan yang disiapkan jika terpilih menjadi gubernur, yaitu Sumber Daya Manusia, Infrastruktur, dan Lingkungan.

Menurutnya, yang dibutuhkan Jakarta itu tak hanya soal pembangunan fisik semata. Melainkan juga perlu membangun adab sosial, politik dan budayanya. Ia menegaskan bahwa kesemuanya itu akan terwujud dan optimal jika selalu mengedapankan serta mengkolaborasikan elemen gotong royong.

“Semangat gotong royong ini perlu kita budayakan kembali di setiap lingkungan masyarakat Jakarta. Karena gotong royong itu sendiri merupakan ciri khas bangsa ini,” Pungkas Idrus yang disebut-sebut “Darah Baru Jakarta” ini.

(*/sir)