Sunday, 27 May 2018

Obama: Pemimpin Dunia Bingung dengan Pernyataan Trump

Kamis, 26 Mei 2016 — 23:11 WIB
Barack Obama  Presiden Amerika Serikat.

Barack Obama Presiden Amerika Serikat.

JEPANG– Presiden Barack Obama mengatakan dirinya memahami jika pemimpin dunia bingung dengan berbagai pernyataan bakal capres Republik, Donald Trump.

Berbicara di sela-sela mengikuti pertemuan puncak negara-negara G7 di Jepang, hari Kamis (26/05), Presiden Obama antara lain mengatakan Trump tak terlalu peduli dengan masalah-masalah internasional.

“Pemimpin asing kaget dengan Trump dan tak begitu yakin bagaimana menanggapi komentar-komentar Trump dan ini bisa dimengerti,” kata Obama.

Obama menegaskan Trump hanya tertarik memikirkan bagaimana berbagai pernyataannya tersebut menjadi berita utama atau ramai di media sosial.

“Ia tak berpikir dalam soal apa saja yang membuat Amerika makin aman dan sejahtera,” kata Obama seraya menambahkan bahwa Trump juga tak memikirkan bagaimana dunia bisa harmonis.

Sejauh ini belum ada respons dari Trump.

Dalam beberapa kali kesempatan Trump -yang sebelumnya dikenal sebagai miliarder- mengeluarkan pernyataan kontroversial, antara lain membuat pagar pembatas antara Amerika Serikat dan Meksiko dengan tujuan mengatasi masalah imigrasi.

Ia juga mengusulkan agar Muslim dilarang masuk ke AS walau ia sempat melunak setelah mendapat ‘reaksi keras’ dari Sadiq Khan, politikus Muslim di Inggris yang baru saja terpilih menjadi wali kota London.(bbc)