Wednesday, 25 April 2018

Perjalanan Real Madrid Menuju Final Liga Champions

Jumat, 27 Mei 2016 — 0:05 WIB
Papan skor menunjukkan Real Madrid menang 1-0 atas Man City (reuters)

Papan skor menunjukkan Real Madrid menang 1-0 atas Man City (reuters)

SPANYOL– Real Madrid boleh dibilang tim yang paling beruntung dalam undian Liga Champions. Seperti di fase penyisihan grup, Real Madrid bergabung dengan Paris Saint-Germain, Shakhtar Donetsk dan Malmo. Relatif dua lawannya mudah diatasi kecuali PSG. Dan ini dibuktikan El Real lolos dengan juara grup didampingi PSG.

Dan dalam perjalanan ke final, Los Blancos juga menghadapi tim yang relatif mudah. Di babak knock out pertama berhadapan dengan AS Roma yang sedang tidak dalam performa terbaiknya. Dan betul saja, Ronaldo Cs menekuk Serigala Ibukota itu 2-0 di kandang Olimpico.

Pada leg kedua di Santiago Bernabeu, El Real kembali menang 2-0 sehingga lolos ke fase sistem gugur berikutnya. Tim dari ibukota Spanyol itu pun menghadapi Wolfsburg.

Di leg pertama perempa final terjadi kejutan. Tim dari Jerman itu mampu mengalahkan Real Madrid. Bermain di kandang Wolfsburg menang 2-0, namun di leg kedua, di Santiago Bernabeu, berkat tiga gol Ronaldo, El Real yang melaju ke semifinal.

Undian di semifinal, Real Madrid juga jauh lebih beruntung karena hanya menghadapi Manchester City. Seperti diketahui tim asuhan Pellegrini itu baru sekali masuk semfinal Liga Champions.

Dan betulnya saja. Meski sempat mengalami kesulitan namun akhirnya pasukan Zidane yang jadi pemenang. Pada leg pertama di Etihad , City sempat memberi harapan karena mampu menahan imbang Real Madrid 0-0. Namun di leg kedua, Madrid akhir lolos ke final meski hanya menang 1-0 di Bernabeu.

Kini di final Real Madrid akan bertemu dengan Atletico Madrid yang pada perjalananya menuju partai puncak menghadapi banyak perjuangan. Betapa tidak Atletico mampu menyingkirkan juara bertahan Barcelona di perempat final dan menyudahi satu favorit juara, Bayern Munich di Semifinal.

Atletico belum pernah jadi juara Liga Champions, bandingkan dengan Real Madrid yang sudah 10 kali juara. Hanya saja ada catatan khusus, 10 laga terakhir, Atletico lebih banyak memenangi laga dari tim sekotanya Madrid tersebut. (B)