Monday, 29 May 2017

Marius, Bocah 13 Tahun Penggemar Mobil Antik

Minggu, 29 Mei 2016 — 19:58 WIB
marius

JAKARTA (Pos Kota) -HOBI remaja 13 tahun ini sangat berbeda dengan rekan seusianya. Di tengah anak-anak se-umurannya sibuk dengan gadget barunya, Marius Floyd (13), malah memilih ikut bergabung dengan club mobil tua Citroen.

Berbagai kegiatan touring tak pernah dilewatkan Floyd mulai dari Bandung, Anyer, hingga Bogor, sudah dijajah siswa kelas 2 SMP dengan mobil tuanya itu. Tentu saja bukan sendiri tetapi bersama orang tua atau kerabatnya. Maklum usianya belum 17 tahun sehingga belum punya SIM hingga UU melarangnya mengendarai kendaraan bermotor.
Usia yang masih remaja tak menghalanginya untuk bergaul dengan sesama penggemar mobil antik yang terntu saja usianya lebih senior.
Kegemarannya dengan mobil Citroen diawali saat ayahnya, Maruis Pratiknjo, 41, membeli mobil antik 2013 lalu. Disitu, anak baru gede itu pun, ikut kepincut dengan mobil asal Perancis tersebut. “Dulu mah cuma bisa duduk di mobil doang, hingga keterusan,” katanya, kemarin.

Floyd menyebut, karena jatuh hatinya dengan Citroen, anak tunggal pasangan Maruis dan Linda, inipun akhirnya mendapatkan hadiah atas prestasinya saat menjuarai renang di sekolahnya. “Pas menang lomba di sekolah, ayah saya membelikan kado mobil Citroen tahun 74,” tuturnya.
Banyak suka duka mengendarai mobil tua. Mulai dari apresiasi atas kendaraan yang ia gunakan, hingga ejekan pengguna jalan yang merasa terganggu. Kendala lain saat mengendarai mobil Citroen tahun 1970, ia harus rela bermandikan keringat karena tanpa AC.
Keinginannya sekarang cepat 17 tahun, punya Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan bikin Surat Izin Mengemudi (SIM). “Nanti kan kalau sudah punya SIM bisa bawa mobil sendiri, nggak seperti sekarang,” ungkapnya. (Ifand/us)