Thursday, 24 May 2018

Ada Ancaman Teroris, AS Keluarkan Travel Alert ke Eropa

Rabu, 1 Juni 2016 — 9:38 WIB
(ist)

(ist)

AMERIKA SERIKAT – Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengeluarkan travel alert bagi warganya yang hendak mengunjungi Eropa. Hal ini berkaitan dengan pernyataan presiden Prancis, Francois Hollande, yang mengatakan adanya ancaman serangan teroris pada gelaran Euro 2016.

“Kami mengingatkan warga AS akan potensi bahaya serangan teroris di Eropa dengan target event besar, situs pariwisata, restoran, pusat komersial, dan transportasi,” tulis Departemen Luar Negeri, seperti dikutip The Guardian, Rabu (1/6/2016).

“Stadion-stadion yang digunakan untuk Piala Eropa, fan zone, dan tempat siaran langsung Piala Eropa di Prancis serta seluruh Eropa adalah target potensial serangan teroris. Begitu juga dengan event olahraga dan tempat publik lainnya,” sambung peringatan tersebut.

Tahun ini, Prancis memang ketempatan beberapa gelaran internasional. Selain Piala Euro yang akan digelar Juni-Juli 2016, Prancis juga akan menjadi tuan rumah ajang balap sepeda Tour de France. Selain Prancis, acara World Youth Day milik Gereja Katolik di Krakow, Polandia, yang dimulai pada 26 Juli juga dianggap dapat menjadi sasaran empuk teroris.

Departemen Luar Negeri AS, menjelaskan jika travel alert berbeda dengan travel warning. Travel Alert dikeluarkan dikeluarkan jika suatu negara ingin warganya mempertimbangkan dengan hati-hati apakah harus pergi ke suatu negara dalam jangka waktu yang lebih pendek ketimbang travel warning. (embun)