Wednesday, 14 November 2018

Lionel Messi Bersaksi di Pengadilan Pajak di Spanyol

Jumat, 3 Juni 2016 — 0:21 WIB
Lionel Messi dan dan ayahnya, Jorge, dituduh menggelapkan penghasilan sang bintang.

Lionel Messi dan dan ayahnya, Jorge, dituduh menggelapkan penghasilan sang bintang.

SPANYOL– Bintang sepak bola Argentina dan Barcelona Lionel Messi bersaksi di pengadilan pajak di Spanyol, hari Kamis (02/06), untuk kasus penggelapan pajak yang didakwakan kepada mereka.

Messi dan ayahnya Jorge, yang menangani masalah keuangannya, dituduh melakukan penipuan pajak di Spanyol dengan nilan mencapai 4 juta euro (sekitar Rp61 miliar) antara tahun 2007 dan 2009.

Pihak berwenang menuduh mereka menggunakan perlindungan pajak di Belize dan Uruguay untuk menyembunyikan penghasilan mereka dari penjualan hak citra diri Messi.

Bukti yang dibawa ke persidangan antara lain kontrak Messi dengan Banco Sabadell, Danone, Adidas, Pepsi-Cola, Procter and Gamble, dan Kuwait Food Company.

Pengadilan dimulai hari Selasa, 31 Mei, dan hari Kamis ini merupakan hari terakhir persidangan.

Karena pengadilan ini, Messi tak akan berpartisipasi dalam persiapan timnas Argentina di Copa America yang dimulai hari Jumat 3 Juni di Amerika Serikat.

Argentina akan mulai bertanding pada Senin 6 Juni mendatang.

Pengacara Messi berpendapat sang bintang “tidak pernah sama sekali menghabiskan satu menit pun untuk membaca, mempelajari dan menganalisis” kontrak-kontraknya.

Namun pengadilan di Barcelona memutuskan itu bukan alasan untuk tidak mengetahui apa yang terjadi dengan keadaan keuangannya, yang dikelola sebagian besarnya oleh ayahnya.

Messi dan ayahnya sempat melakukan pembayaran semacam denda sebesar lima juta euro, setara dengan yang dituduhkan ditambah bunga, pada Agustus 2013.

Messi saat ini merupakan salah satu olahragawan terkaya di dunia.(BBC)