Tuesday, 21 August 2018

Jelang Ramadhan, Warga Serbu Pusat Perbelanjaan

Sabtu, 4 Juni 2016 — 20:35 WIB
Ciputra Mall Jakarta

JAKARTA (Pos Kota) – Dua hari menjelang bulan Ramdhan, kepadatan pengunjung mewarnai pusat perbelanjaan di DKI Jakarta. Warga menyerbu pusat perbelanjaan seperti kawasan Pasar Tanah Abang, PGC Cililitan, Pasar Pagi Mangga Dua, Pasar Regional Jatinegara dan Thamrin City.

Umumnya mereka membeli produk-produk fesyen dan perlengkapan sholat. “Mumpung belum puasa, kita belanja untuk lebaran. Jadi pas puasa nggak perlu repot dan sibuk belanja,” tutur Ny Dewi, warga Setiabudi, Sabtu (4/6).

Ia mengaku sudah langganan belanja produk fesyen dan perlengkapan shalat menjelang bulan puasa di Pasar Tanah Abang. Selain harganya yang miring, produk yang dijual juga memiliki kualitas yang bagus. “Di Tanah Abang saya bisa beli mukena dengan harga Rp 100 ribu dengan kualitas super,” lanjutnya.

Harga tersebut masih bisa dikurangi jika berbelanja minimal 3 buah. Karena belanja diatas 3 buah mendapatkan harga grosir. Sarung bermerk pun bisa diperoleh dengan kisaran harga Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribu per buat. Pilihannya sangat beragam. Pun baju-baju muslim dan perlengkapan shalat lainnya.

Fikri Bareno, pedagang di lantai 5 Thamrin City mengakui volume penjualan meningkat lebih dari 100 persen menjelang bulan puasa. Umumnya warga memanfaatkan hari-hari terakhir menjelang bulan puasa untuk memenuhi kebutuhan produk fesyennya.

“Pedagang Pasar Tasik yang ada di Thamrin City mulai buka sejak subuh hingga pukul 17:00. Pengunjungnya ramai bukan main,” katanya.

Diperkirakan jumlah pengunjung pasar Tanah Abang meningkat hingga lebih dari 3 kali lipat dibanding hari biasanya. Kondisi tersebut akan berlangsung hingga satu hari menjelang puasa.

Kemudian akan ramai lagi sepekan setelah bulan puasa hingga beberapa hari menjelang Lebaran. Akibat sesaknya pusat perbelanjaan, Kawasan Tanah Abang macet total. Antrean kendaraan yang melaju pelan terlihat sepanjang Jalan KH Mas Mansyur hingga fly over Karet. (inung/win)