Thursday, 20 September 2018

Malam ini Tarawih, Besok Puasa Ramadhan Pertama

Minggu, 5 Juni 2016 — 19:32 WIB
Melaksanakan sholat tarawih di Masjid Istiqlal (Timyadi)

Melaksanakan sholat tarawih di Masjid Istiqlal (Timyadi)

JAKARTA (Pos Kota) –Pemerintah mengumumkan 1 Ramadhan atau awal puasa bertepatan pada hari Senin 6 Juni 2016. Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin mengumumkan hal itu setelah menggelar sidang Isbat di Kementrian Agama, Minggu (5/6) petang.

“Ada 93 petugas yang telah disumpah di 93 titik di wilayah Indonesia melihat hilal. Sehingga seluruh peserta sidang Isbat sepakat bahwa kita masuk 1 Ramadhan atau puasa Ramadhan hari pertama pada Senin bertepatan dengan 6 Juni 2016. Jadi besok kita sudah mulai puasa,” kata Lukman Hakiem.

Dengan penetapan 1 Ramadhan pada hari Senin 6 Juni 2016 ini, kata Lukman, diharapkan semua umat Islam dan seluruh warga bangsa selalu menjaga kesucian bulan mulia ini sehingga bisa menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya.

 

Menunggu sidang Isbat

“Umat beragama kami harapkan bisa saling membangun toleransi, banyak warga yang menjalankan ibadah puasa tetapi ada juga yang tidak menjalankan puasa, sehingga diharapkan tetap saling menjaga toleransi, menghargai dan menghormati agar kesucian bulan ini bisa tetap terjaga,” ujar Lukman.

Dalam acara yang juga dihadiri Ketua MUI KH Makruf Amin itu Lukman juga mengimbau kepada pengelola hiburan serta media masa selalu menjaga tayangannya. begitupun media sosial agar selama Ramadhan tetap mengajag suasana kondusif sehingga suasana tetap terjaga. “Kita berharap Bulan Ramadhan di tahun ini tetap terjaga dengan kualitas puasa tetap baik,” tambahnya.

Sementara itu, dengan pengumuman pemerintah itu masjid-masjid langsung ramai mulai menyelenggarakan sholat Tarawih bersama. Di Masjid Istiqlal, jamaah sudah menunggu pengumumam pemerintah sejak Sholat Magrib.

Jamaah seperti sudah tahu bahwa pemerintah akan mengumumkan Senin merupakan hari pertama seholat Tarawih sehingga masjid terlihat sudah penuh. Hampir seluruh shaf (baris) dipenuhi jamaah yang akan mengikuti Sholat Tarawih.(timyadi/us)