Monday, 24 September 2018

Tips Menghindari Dehidrasi Saat Puasa

Senin, 6 Juni 2016 — 12:02 WIB
(ist)

(ist)

BEBERAPA orang, sangat mudah terkena serangan dehidrasi. Terlebih saat menjalankan ibadah puasa, dimana cairan tubuh yang hilang tidak dapat terganti dengan cepat.

Dehidrasi biasanya ditandai dengan munculnya rasa letih-lesu, tidak nyaman, konsentrasi berkurang, sakit kepala, haus, mual, bahkan jatuh pingsan.

Untuk menghindari dehidrasi yang berlebihan, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini yang dilasnir berbagai sumber:

* Anda harus menyamakan banyaknya cairan yang masuk dan yang keluar dari tubuh. Caranya, dengan membagi asupan kebutuhan di antara waktu berbuka dan sahur.

*Minum sewajarnya saja, saat Anda sahur maupun berbuka puasa. Karena, minum terlalu banyak justru bisa menyebabkan distensi (penggelembungan) lambung yang menimbulkan rasa mual dan muntah.

*Kurangi aktivitas luar ruangan yang membuat Anda rentan kehilangan banyak cairan. Bagi Anda yang pekerjaannya banyak di luar ruangan, lindungi kepala dari paparan sinar matahari. Mengenakan pakaian berwarna cerah dan ringan bisa membantu ‘menolak’ sinar matahari dan menghindari keringat berlebih.

* Biasakan untuk berganti pakaian dan menyeka keringat agar tidak menumpuk di permukaan kulit. Keringat yang menutup pori dapat mengganggu transfer panas tubuh serta memunculkan berbagai gangguan, seperti kulit kering atau bibir pecah-pecah.

*Gunakan pelembab untuk menghindari paparan sinar matahari langsung pada kulit, yang dapat menyebabkan kulit kering dan kusam.

*Konsumsi banyak sayur dan buah saat Anda sahur dan berbuka puasa. (embun)