Friday, 21 September 2018

Lokasi Pembuangan Sampah Liar Ditutup

Selasa, 7 Juni 2016 — 21:53 WIB
Camat Kebayoran Lama, Munjirin menutup lahan kosong di RW 06 Kelurahan Kebayoran Lama Utara yang dijadikan tempat pembuangan sampah liar. (Rachmi)

Camat Kebayoran Lama, Munjirin menutup lahan kosong di RW 06 Kelurahan Kebayoran Lama Utara yang dijadikan tempat pembuangan sampah liar. (Rachmi)

KEBAYORAN LAMA (Pos Kota) – Jajaran Kecamatan Kebayoran Lama menggenjot penataan kawasan di antaranya dengan menutup lokasi pembuangan sampah (LPS) liar di RW 06 Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Jakarta Selatan.

Penutupan LPS tersebut menindaklanjuti keluhan pembaca yang disampaikan melalui SMS Aspirasi Warga Jakarta di Pos Kota. Isi pesannya yakni: Gubernur DKI Jakarta. Di RW 06 Kebayoran Lama Utara ada tanah kosong, namun dimanfaatkan pihak yang tak bertanggungjawab sebagai lokasi pembuangan sampah (LPS) ilegal. Kami mohon LPS tersebut segera ditertibkan. Terima kasih. 081386635xxx.

Munjirin, Camat Kebayoran Lama menjelaskan hasil pengecekan di lokasi tersebut memang sebagian terdapat sampah yang mulai menggunung dan menebarkan bau yang menyengat.

“Kami langsung berkordinasi dengan pemilik lahan supaya memagari lahannya, karena sebelumnya ada bagian yang terbuka sehingga dimanfaatkan oleh warga luar menjadi pembuangan sampah,” ujar Munjirin, Selasa (7/6).

Sebelum ditertibkan, puluhan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Kebayoran Lama Utara dikerahkan untuk mengangkuti sampah secara estafet karena lokasinya sempit sehingga tidak bisa dilintasi kendaraan.

Selanjutnya Camat Kebayoran Lama memasang spanduk berisi sosialisasi larangan membuang sampah tidak pada tempatnya sesuai Perda DKI Jakarta No 3 tahun 2013 tentang Pengelolaan Persampahan dengan denda administratif Rp500.000.

Pihaknya akan menerjunkan Satpol PP untuk Operasi Tangkap Tangan terhadap warga yang masih nekad membuang sampah sembarangan. Sedangkan sampah warga RW 06 Kebayoran Lama Utara akan diangkut secara rutin oleh petugas sampah yang dikordinir RT/RW. (Rachmi/win)