Friday, 19 April 2019

YA DITURUNKAN

Rabu, 8 Juni 2016 — 5:17 WIB

“HARI Minggu kemarin aku jalan-jalan ke mall, wah ramai kali,” kata Lukman.

“Biasalah, kan mau puasa,” kata Soleh singkat.

“Tapi biasanya kalau hari Minggu terakhir puasa mall yang ramai. Ini kan tidak.”

“Mungkin mereka mau siap-siap untuk keperluan puasa, sehingga waktu puasa nggak ke mana-mana. Jadi jalankan ibadah juga tenang,” kataku.

“Ya juga. Cuma sayangnya ada warga yang bentrok di awal puasa. Kita harapkan tidak meluas. Dan sama-sama bisa menjaga diri. Orang-orang mau beribadah juga jadi tenang,” kata Soleh.

“Katanya Ahok mau tambah kegiatan olahraga di Monas. Toiletnya dibikin lebih rapi. Warga boleh mandi habis olahraga,” kata Lukman.

“Bagus juga. Selama ini kita lihat toilet di tempat umum kayak taman, gelanggang remaja, itu kayak nggak terurus,” kataku.

“Betul. Kayak di Taman Jongging Kelapa Gading. Yang dekat La Piasa, toilet ada dua, masing-masing terpisah bangunannya untuk pria dan wanita. Mula-mula toiletnya bersih. Belakangan mulai bau, terkadang kotorannya nggak jalan,” kata Lukman.

“Ya, aku kan biasa jogging di situ sebelum puasa. Pernah sakit perut, ke toilet, pintunya nggak bisa dikunci. Belum lagi bau,” kata Soleh.

“Padahal kulihat tiap hari ada yang urus. Mungkin pembersih dan pewanginya kurang,” kataku.

“Bagus juga sekali-sekali Ahok datang ke situ, lihat sendiri. Kan yang meresmikannya dia tahun 2014 waktu masih menjadi Wagub,” kata Lukman.

“Maka kalau di mesjid aku sering ingatkan untuk menjaga kebersihan toiletnya. Cuma saja mereka yang menggunakannya juga jangan seenaknya. Habis dipakai, disiramlah, jangan dibiarkan saja. Orang-orang kayak begini perlu ditegur. Kalau perlu ada yang mengawasi. Sebab toilet itu untuk kepentingan umum. Jadi sama-sama dijaga,” kataku.

“Omong-omong katanya harga daging sapi makin menggila,” kata Lukman.

“Kalau harganya yang menggila, nggak apa-apa. Asal jangan yang dijual itu daging sapi gila, itu yang akan jadi masalah,” kataku.

“Kenapa diributkan harganya yang menggila. Kan Jokowi sudah minta diturunkan,” kata Soleh.

“Ya, tapi kan harganya nggak turun-turun,” kata Lukman.

“Ya Jokowi sudah benar. Kalau menterinya bisa nggak menurunkan….,” kata Soleh.

“Ya menterinya diturunkan,” kataku tertawa kecil. (lubis1209@gmail.com)