Sunday, 21 July 2019

Jalan Boulevard GDC Parah, Pemkot Harus Desak Pengembang

Kamis, 9 Juni 2016 — 18:29 WIB
Kerusakan badan jalan utama di wilayah GDC dekat gedung DPRD Depok sudah setahun tak diperbaiki. (anton)

Kerusakan badan jalan utama di wilayah GDC dekat gedung DPRD Depok sudah setahun tak diperbaiki. (anton)

DEPOK (Pos Kota) – Jalan boulevard Green Depok City (GDC) banyak yang rusak parah. Masyarakat dan penggunai jalan berharap Pemkot Depok meminta pengembang perumahan GDC untuk memperbaiki kerusakan badan jalan utama tersebut. Selain rusak, penerangan jalan juga kurang.

Kerusakan badan jalan utama sepanjang 2 Km di kawasan GDC yang menghubungkan wilayah Cilodong menuju Jalan Kartini, Depok Lama, merisaukan warga. “Sudah hampir satu tahun ini kondisinya rusak parah,” keluh Ny. Riana, warga Pondok Rajeg, Depok, Kamis (8/6).

Banyak bagian ruas jalan yang memiliki dua jalur itu kondisinya memprihantinkan. Selain bergelombang juga banyak yang rusak, berlobang-lobang, pecah-pecah. Bahkan, di dua lokasi yang memiliki aliran air ke anak kali, seperti di dekat Gedung DPRD, badan jalan terlihat amblas.

Hal serupa juga dikatakan Iwan, warga Depok, yang menilai jalan utama menuju kawasan perkantoran maupun Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), kantor Imigrasi, Pengadilan Negeri Depok, Kejaksaan, Pengadilan Agama, Pemadam Kebakaran dan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) selain bergelombang juga banyak yang rusak.

“Masa harus menunggu jatuh korban terlebih ahulu baru jalan diperbaiki atau ditambal,” tuturnya yang juga menilai Pemkot Depok tak serius menanggani sejumlah kerusakan badan jalan di wilayah Kota Depok serta penerangan di PJU yang ada.

Lebih parah lagi, tambah dia, kondisi badan jalan utama itu berdekatan dengan gedung wakil rakyat yang semestinya mewakili keluhan dan permintaan masyarakat. Mereka malah santai dan tak merasa memiliki beban terhadap keluhan masyarakat termasuk jika terjadi kecelakaan lalu lintas akibat kerusakan badan jalan tersebut.

Secepatnya Dicek

Pantauan Pos Kota, kerusakan badan jalan utama sepanjang 2 Km mulai dari pintu gerbang GDC di Jalan Raya Kartini menuju Citayam hingga pertigaan Pasar Pucung, Cilodong, terdapat kerusakan badan jalan terdapat 12 titik di jalur jalan arah dari Cilodong ke Depok dan dari arah Depok menuju pertigaan Pasar Pucung Cilodong ada 8 titik lokasi yang rusak.

Tak hanya badan jalan yang rusak bergelombang,  ada juga dua badan jalan yang amblas di dekat anak kali atau dekat jembatan di boulevard tersebut. Ini harus mendapatkan perhatian serius Pemkot Depok agar tak menimbulkan korban jiwa akibat kecelakaan maupun amblasnya semakin parah.

Menanggapi adanya keluhan pemakai jalan, Walikota Depok Muhammad Idris, meminta pihak jajaran Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) setempat untuk mengecek serta berkoordinasi dengan pihak GDC berkaitan kerusakan jalan utama tersebut.

“Jangan sampai jatuh korban akibat kecelakaan karena jalan berlubang atau rusak serta taka da lampu penerangan jalan,” tegasnya. (anton/win)