Friday, 23 August 2019

Prancis Tekuk Romania 2-1 di Laga Perdana Piala Eropa 2016

Sabtu, 11 Juni 2016 — 4:04 WIB
Dimitri Payet merayakan gol penentu kemenangan Prancis (reuters)

Dimitri Payet merayakan gol penentu kemenangan Prancis (reuters)

PRANCIS – Di Stade de France, laga pembuka Piala Eropa 2016, Sabtu (11/6) dinihari WIB, mempertemukan tuan rumah Prancis dan Romania. Gol Olivier Giroud membuat tuan rumah unggul sementara namun Bogdan Stancu yang menjadi eksekutor penalti membuat kedudukan imbang. Gol yang diciptakan Dimitri Payet membuat tuan rumah unggul di jelang akhir pertandingan.

Didier Deschamps menurunkan N’Golo Kante sebagai starter di belakang trio Olivier Giroud, Dimitri Payet dan Antoine Griezmann. Blaise Matuidi dan Paul Pogba membantu serangan dari sayap sedangkan Laurent Koscielny dan Adil Rami berada di jantung pertahanan Prancis. Patrice Evra dan Bacary Sagna di sayap pertahanan sementara Hugo Lloris masih dipercaya berdiri di bawah mistar gawang.

Kiper Fiorentina, Ciprian Tatarusanu, menjaga gawang Romania dengan Vlad Chiriches dan Dragos Grigore dibantu Cristian Sapunaru dan Razvan Rat menjaga garis pertahanan. Ovidiu Hoban, Mihai Pintilii dan Nicolae Stanciu berada di belakang Adrian Popa dan Bogdan Stancu yang mensuplai umpan ke penyerang Florin Andone.

Baru empat menit pertandingan berjalan, kemelut di depan gawang nyaris berbuah gol bagi Romania. Dari tendangan pojok, Pintilii mendapat peluang menceploskan bola dari jarak dekat. Namun kesempatan emas Romania dimentahkan oleh Lloris yang bisa mengusir bola keluar lapangan. Sesaat kemudian setelah mendapat umpan dari Stanciu, sundulan Andone melayang di atas mistar gawang Prancis.

Tuan rumah membalas dengan umpan silang Payet ke jantung pertahanan Romania. Giroud mencoba menyundul, namun bola hanya melintas di sisi kiri gawang. Tiga menit kemudian, sundulan Griezmann melayang beberapa sentimeter di sisi gawang.

Di menit ke-36, kembali Payet memberikan umpan manis ke Griezmann. Namun sundulan pemain Atletico Madrid ini masih bisa diblokir Sapunaru dan bola melayang ke sisi gawang Romania.

Jelang akhir babak pertama, Giroud melompat mencoba menyundul tendangan pojok Payet . Namun penyerang Arsenal ini hanya membuat bola melambung di atas mistar gawang.

Menit ke-48 babak kedua, umpan silang Stanciu disambut dengan sepakan keras Stancu. Tapi sepakannya melebar sisi gawang.

Tatarusanu menunjukkan kemampuannya dengan mementahkan serangan Prancis di menit ke-52. Setelah mendapat umpan dari Payet, sepakan Giroud diblokir oleh kiper berusia 30 tahun. Lima menit kemudian, Payet kembali memberikan umpan matang. Kali ini, sepakan kaki pertama Pogba mengarah ke gawang Romania namun Tatarusanu masih bisa memblokirnya.

Gol pertama pertandingan tercipta di menit ke-57 berkat umpan Payet. Umpan lambung pemain West Ham United dari sisi kanan langsung disundul Giroud dan gawang Romania pun terkoyak. Satu kosong untuk tuan rumah.

Keunggulan Prancis tidak bertahan lama. Evra menjatuhkan Stanciu di kotak penalti dan wasit Viktor Kassai langsung menunjuk titik putih. Menit ke-65, Stancu yang menjadi eksekutor penalti dengan tenang menceploskan bola ke sisi kanan gawang.

Dimitri Payet menjadi pahlawan Prancis dengan menciptakan gol kemenangan di menit ke-89. Setelah mendapat umpan dari Kante, sepakan Payet dari jarak 22 meter mengarah ke pojok kiri atas gawang Romania.

Setelah empat menit waktu tambahan, wasit meniup peluit akhir pertandingan dan Prancis mengakhiri pertandingan pembuka dengan kemenangan. (daus)

  • NYINYIR

    TOP MARKOTOP………….!