Wednesday, 26 June 2019

MUI Dukung Satpol PP Razia Warung Makanan di Siang Hari Puasa

Minggu, 12 Juni 2016 — 11:29 WIB
Istimewa.

Istimewa.

SERANG (Pos Kota) – Razia Satpol PP Kota Serang terhadap sebuah warung makan yang buka di siang hari pada bulan Ramadhan menjadi ramai di dunia maya. Bahkan komika Dwika Putra menggalang dana lewat akun twitternya untuk membantu ibu pedagang makanan.

Meski memicu komentar miring masyarakat atas tindakan Satpol PP yang dinilai arogan karena menyita dagangan namun MUI Kota Serang justru memberikan dukungan.

“Tindakan Pol PP sudah sesuai prosedur. Prinsip dasarnya, Surat Edaran Walikota dan Rekomendasi MUI Kota Serang yang didukung ulama dan Ormas Islam se Kota Serang, bahwa warung makan dilarang buka usaha mulai pukul 04.00 hingga 16.00,” ungkap Sekretaris MUI Kota Serang, Amas Tadjudin kepada wartawan.

(Baca: Saweran Nitizen Rp176 Juta, Kasatpol PP: Orang Bersedekah Kok Dikomentari)

Amas juga meminta masyarakat tidak melihat hal tersebut dari perspektif kemanusiaan seolah olah si ibu pemilik warung yang sudah berusia lanjut tersebut tidak bersalah dengan membuka warung nasi pada siang hari. Tapi juga dilihat kepentingan yang lebih luas, agar umat Islam tidak terganggu saat melaksanakan ibadah puasa di siang hari.

“Kalau ternyata si ibu pemilik warung itu tidak ada mata pencaharian lain, ya betul.., tapi persoalannya bukan berarti dia bisa ditolelir boleh membuka warung di siang hari pada bulan Ramadhan,” tambah Amas lagi.

Terkait ada anggapan masyarakat bahwa tindakan Pol PP yang menyita dagangan pemilik warung adalah arogan, MUI Kota Serang malah mendukung tindakan Pol PP.

“Itu bukan arogan, itu justru tegas. Penegakan hukum memang harus begitu. Kasihan juga orang yang sedang berpuasa tapi justru terganggu oleh ulah oknum pedagang yang mungkin juga adalah umat Islam sendiri,” tutup Amas.
(haryono/sir)

  • Reza Tanjung

    gw ga tau ummat islam mana yg puasanya terganggu ama warung?… lu puasa cm nahan laper berarti…

  • Andi Sarah

    Mui bejat gamau dengar kritikan.
    Masalah umat islam tergoda makanan dsb tergantung pribadi masing2 lah jangan menindas mata pencaharian orang lain. Situ orang islam tapi ga punya akhlak dan sikap yang baik? Sama aja dong kaya orang ga puasa

  • Zainuddin Satria Manggala

    Assallamu’allaikum wr.wb.
    Para MUI Serang yg terhormat, Sekali kali MUI Serang studi banding ke manokwari sini deh, disini banyak juga kaum muslim, tp siang2 pas bulan ramadhan banyak juga warung yg buka, ada yg jual daging “B2” (udah umum si ini mah) toh para kaum muslim di sini puasanya juga gak terganggu, justru kali godaan tambah banyak dan kita bisa nahan cobaannitu kan amalannya tambah gede (sepemahaman saya sih gitu) mohon maaf kalo pemahaman saya salah para MUI Serang yg terhormat. O iya saya juga salah satu muslim yang kebetulan menjalankan ibadah puasa ramadhan di manokwari. Wasallamuallaikum wr.wb.

  • Zainuddin Satria Manggala

    Tambahan, saya tidak menyalahkan para perugas Satpol PP, mreka hanya menjalankan perintah atasan, yg saya sesalkan pembuatan aturannya. Terlalu menekan kalangan bawah, harusnya cukup pasang tirai saja kalo gak mau liat warung makan buka, kalo lebih extream lagi gak usah pada keluar rumah aja yg takut liat warung (langsung pengen makan) pas siang siang ?. Hargai mereka yg mencari nafkah. Hargai mereka yang tidak ikut berpuasa juga. Jangan cuma mau dihargai sendiri ✌?️

  • Yan Alidiosufnoh

    trus makanan/minuman hasil dr razia itu dikemanakan,,,jgn2 itu yg dipake buka/saur petugas2 munafik itu….yg tukang razia yg gk puasa,,,aneeh

  • Yudi hidayat

    Tidak ada satu ayat atau hadits sahih yang melarang orang lain untuk berjualan makanan pada bulan ramadhan di siang hari. Sungguh kalian melebihi batas dalam agama bertaubatlah kalian yang mengaku ulama yang faham atau kalian akan menanggung akibatnya kelak dihadapan allah. Tidakkah kalian lihat orang yang telah kalian zolimi itu malah mendapat nikmat yang berlebih. Sedangkan kalian malah mendapat hinaan dan celaan langsung dari Allah. Sadarlah…

  • Noer Miftahussalam

    Awaaaaas….. !!!!

    “aku” mau puasaaaa !!!!

    semua warung jual makanan/minuman harus di tutuuuup !!!!
    kalau ada yg buka “berdosa” & di sita makanan nya….

    Hormatilah (aku) orang yg sedang berpuasa !!!

    (….. Allah…. terhormatkah aku ?)

    jangan2 orang yg “afdol” kualitas puasanya justru orang2 yg hidup di negara2 non muslim….

  • ALLEN

    Amas goblok, ga punya otak!!! Ibunya mau dikasih makan apa? Pasir??

  • adi

    Yang jelas iman ny lemah . cuman gara” warung makan buka puasa ny bisa batal …haha trus d razia deh warung makan nya ..,kalau niat puasa ya puasa aja jngan nyalahin warung makan …haha

  • masesolo untung

    HATI2 KASIH PENDAPAT BAWA@ MUI….

  • NYINYIR

    KALO IMAN LOE CEMEN BIN DANGKAL , YA JGN PUASA LAH TONG !! LIAT WARUNG MAKAN , RESTO JADI KALAP , BATAL LOH PUASA LOE …..!!!

  • rey

    Untung cuma disita. Kalo di Papua orang yg jualan pas lagi kebaktian bisa dipenjara.kalo di Bali beraktivitas pas hari raya nyepi bisa diamuk masa. Kalo buat yg ngebela yg juala siang hari pas ramadhan pas banget buat jadi antek2 PKI. Lagi pula rezeki udh ada yg ngatur