Thursday, 23 November 2017

Rusia dan Inggris Diancam Didiskualifikasi

Selasa, 14 Juni 2016 — 7:22 WIB
Suporter Rusia dan Inggris bentrok saat nonton Piala Eropa (reuters)

Suporter Rusia dan Inggris bentrok saat nonton Piala Eropa (reuters)

PRANCISĀ  (Pos Kota) – Badan sepakbola Inggris, FA, meminta pendukung Inggris bersikap bertanggung jawab dan terhormat. Sebab, UEFA memperingkatkan sepakbola negara itu terancam sanksi pengusiran dari perhetalan Piala Eropa 2016 bersama Rusia.

Hal itu akan dilakukan UEFA jika pendukung Inggris dan Rusia mengulangi kekerasan yang mereka lakukan pada laga perdana kedua tim di Marseille, Senin lalu.

Pemerintah Prancis memperingatkan bahwa waktu dan upaya yang dihabiskan untuk menghadapi pendukung yang bengal telah mengalihkan polisi dari perang melawan terorisme.

“Tindakan mereka mengalihkan polisi dari misi utama mereka, melindungi negeri kami dari ancaman teroris,” kata Menteri Dalam Negeri Prancis Bernard Cazeneuve seperti dikutip The Guardian.

Pendukung Inggris berkelahi dengan pendukung Rusia di Marseille sebelum laga Grup B, Senin lalu. Setelah pertandingan itu berakhir, pendukung Rusia menyerang pendukung Inggris di satu tempat yang dipisahkan.

“Kekerasan seperti terlihat di Marseille tidak punya tempat dalam sepakbola, juga tidak dalam masyarakat secara keseluruhan,” kata Glenn.

UEFA menyatakan tidak akan ragu menerapkan sanksi tambahan, termasuk mendiskualifikasi Inggris dan Rusia jika pendukung sepakbola kedua negara itu kembali terlibat dalam kekerasan selama turnamen ini.

“Komite Eksekutif FIFA telah memperingatkan kedua asosiasi sepakbola bahwa tak akan ragu mengenakan sanksi tambahan kepada Asosiasi Sepakbola (FA) dan Persatuan Sepakbola Rusia, termasuk kemungkinan diskualifikasi dari turnamen ini,” demikian pernyataan UEFA.(John)