Sunday, 18 November 2018

Istri dan Anak Mantan Pejabat Cina Dipenjara Karena Korupsi

Kamis, 16 Juni 2016 — 8:40 WIB
Zhou Yongkang pernah menjadi salah satu politisi berpengaruh di Cina.

Zhou Yongkang pernah menjadi salah satu politisi berpengaruh di Cina.

CINA– Pengadilan Cina menjatuhkan hukuman penjara atas istri dan anak dari mantan pejabat tinggi keamanan Cina dengan dakwaan korupsi.

Stasiun TV resmi Cina, CCTV, melaporkan Zhou Bin -putra Zhou Yongkang, yang pernah menjabat Menteri Keamanan Publik Cina- diganjar hukuman 18 tahun penjara.

Sementara ibunya, Jia Xiaoyue -seorang mantan wartawan TV- mendapat hukuman penjara sembilan tahun.

Zhou Yongkang sendiri sedang menjalani hukuman penjara seumur hidup setelah putusan pengadilan -yang berlangsung tertutup pertengahan 2015 lalu- menyatakan dia bersalah dalam dakwaan korupsi.

Sebagai pihak yang bertanggung jawab atas keamanan di Cina, Yongkang pernah menjadi orang yang punya pengaruh politik besar dan sempat disebut-sebut sebagai saingan presiden saat ini, Xi Jinping.

Pengadilan di Provinsi Hubei menyatakan istri dan anak Yongkang bersalah dalam kasus ‘suap dan kegiatan bisnis gelap’.

Selain diganjar 18 tahun penjara, Zhou Bin juga harus membayar denda 350 juta yuan atau sekitar Rp700 miliar dan semua kekayaan ‘yang diperoleh secara gelap’ akan disita, seperti diaporkan kantor berita pemerintah, Xinhua.

Zhou Yongkang merupakan pejabat negara tertinggi di Cina yang sejauh ini masuk penjara dalam upaya pemberantasan korupsi yang dilancarkan Presiden Xi Jinping sejak berkuasa tahun 2012 lalu. (BBC)