Friday, 20 September 2019

Kejar Target, Disdukcapil Tangsel Jemput Bola Layanan E-KTP

Kamis, 16 Juni 2016 — 17:01 WIB
Sejumlah warga di Kec. Ciputat saat mengikuti perekaman e KTP keliling dari Disdukcapil Kota tangsel. (anton)

Sejumlah warga di Kec. Ciputat saat mengikuti perekaman e KTP keliling dari Disdukcapil Kota tangsel. (anton)

TANGERANG (Pos Kota) – Dalam upaya memenuhi target pelayanan dan pembuatan E-KTP di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mengelar kegiatan pelayanan sistem jemput bola ke tujuh kecamatan.

“Kami memang berusaha mengejar target yang ditentukan pemerintah agar seluruh warga atau masyarakat sudah terekam atau memiliki E KTP di tahun 2016 ini,” kata Kepala Disdukcapil Kota tangsel Toto Sudarto didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan setempat, Ernawati di Kec. Ciputat, Kamis (16/6).

Kegiatan pelayanan keliling ini baru di dua kecamatan yaitu Kec. Pamulang dan Ciputat untuk lima kecamatan lain yaitu Pondok Aren, Serpong, Serpong Utara, Setu dan Ciputat Timur dilakukan secara bertahap. Masyarakat yang belum memiliki E KTP sangat mudah mengurus karena sekarang tak lagi memerlukan surat pengantar dari pengurus RT/RW tapi dapat langsung mengurus e KTP dengan membawa kartu keluarga.

Menurut dia, kegiatan ini tak hanya dilakukan di lingkungan kantor kecamatan dan kelurahan tapi pihak Disdukcapil nantinya akan berkoordinasi dengan instansi lainnya seperti dinas pendidikan berkaitan pelayanan di sekolah-sekolah, universitas  dan pusat perbelanjaan atau mall serta  saat acar car free day. Untuk pelayanan di Kec. Ciputat ditargetkan sekitar 250 orang yang akan direkam e KTP-nya.

Ernawati menambahkan, data yang ada masyarakat Kota tangsel yang telah melakukan perekaman data sejak Pebruari 2012 hingga Juni 2016 ini mencapai 819.185 orang dari jumlah wajib pemilik E KTP sebanyak 914.673 orang. “Ada sekitar 95.488 orang belum melakukan perekaman an yang sudah tercetak sekitar 796.381 orang,” tuturnya sehingga ada 16.881 orang masih dalam proses pencetakan e KTP. (anton/win)