Tuesday, 20 November 2018

Sosialisasikan Dana Desa, Tim JDN Keliling Jawa

Kamis, 16 Juni 2016 — 16:46 WIB
jdn

JAKARTA (Pos Kota) – Tim Jelajah Desa Nusantara (JDN) kelilingi Pulau Jawa untuk sosialisasikan dana desa. Selain sosialisasi dana desa, lanjutnya, juga melihat dan mengevaluasi penggunaan dana desa dengan singgah ke desa dan kabupaten.

Tim JDN tahap dua ini dilepas keberangkatannya oleh Menteri Desa Pembaangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar dari Kantor Kemendes dan PDTT di Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (16/6).

“JDN adalah upaya dari Kementerian untuk terus mengawasi dan memastikan dana desa telah diterima. Tim akan berkeliling dari desa-ke desa di Pulau Jawa, untuk memastikan dana desa tepat sasaran,” ujarnya.

Sebelumnya, Tim JDN I telah mengelilingi sejumlah desa diĀ  Pulau Sulawesi. Untuk di Pulau Jawa, ada 4 tempat yang didatangi, yaitu Cirebon, Magelang, Trenggalek dan Situbondo.

“Tim akan menempuh jarak sekitar 1.109 kilometer dengan melintasi 25 kabupaten di 3 provinsi. Selain sosialisasi juga dialog dengan warga, bakti sposial santunan anak yatim dan berbuka puasa bersama,” kata Marwan.

Setelah Sulawesi dan Jawa, JDN berikutnya akan dilaksanakan di Sumatera usai Lebaran. “Ketiga pulau ini dipilih karena 73% dana desa disalurkan di tiga pulau tersebut,” katanya.

Menurutnya, dari Rp46,9 Triliun dana desa, 60% sudah disalurkan sejak Maret 2016 dan siasanya 4% disalurkan pada Agustus. Setiap desa mendapat Rp600 juta hingga Rp800 juta.(Tri