Thursday, 20 September 2018

Diamankan, Ratusan Karung Batu Berkadar Emas

Jumat, 17 Juni 2016 — 18:45 WIB
Polisi dan lubang penambangan emas yang dibuat gurandil di Bogor.

Polisi dan lubang penambangan emas yang dibuat gurandil di Bogor.

BOGOR (Pos Kota) – Aparat Polres Bogor mengamankan 30 karung batu berkadar emas. Polisi pun memburu pemodal penambang tanpa izin itu.

Kapolres Bogor, AKBP Suyudi Ario Seto, mengatakan pengungkapan pabrik pengolahan emas ini bermula saat Mitsubishi L300 F 8692 GK melintas di jalan dekat Kampung Pongkor Desa Cisarua. Petugas yang curiga melihat mobil yang bagian belakangnya ditutup terpal langsung menghentikanya.

“Tapi saat diperiksa, sopir dan kenek mobil melarikan diri,” ungkapnya.

Mobil itu, sambungnya, mengangkut 30 karung batu mengandung emas. “Dari penangkapan ini kami kembangkan hingga kami menemukan lokasi pengolahan batu curian,” ungkapnya dalam keterangan pers di Kampung Nyungcung Malasari Kecamatan Nanggung, Jumat (17/6/2016).

Petugas kemudian menggerebek rumah HU, pemodal penambang emas tanpa ijin alias gurandil, di Kampung Nyungcung, Desa Malasari. Tapi orang yang dicburu itu lebih dulu kabur.

Polisi pun menggeledah rumah itu. “Kami menemukan 500 karung batuan mengandung emas dalam gudang pengolahan,” ujarnya. “Kami juga terus memburu pelaku kejahatan yang mencoba mencuri aset negara di tambang emas PT Antam.”

Selain itu ditemukan sejumlah barang bukti. Di antaranya gulundung batu bekas produksi, tong, generator, galon berisi air raksa, pompa aki, pompa kompresor, tiga tong yang masih dipakai produksi (dua sudah tidak terpakai), dinamo, tiga tempat pembakaran, dan pompa air listrik.(yopi/yp)