Saturday, 22 September 2018

Mantan Menpora Roy Suryo Diminta Kembalikan Aset Negara

Jumat, 17 Juni 2016 — 18:56 WIB
Roy Suryo

Roy Suryo

JAKARTA (Pos Kota) – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tetap menagih aset negara yang masih dibawa mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo.

Penagihan ini dilakukan melalui surat yang ditandatangani langsung oleh Menpora Imam Nahrawi.

“Betul hari ini Pak Menteri sudah menandatangani surat yang ditujukan kepada Pak Roy Suryo, yang isinya meminta untuk mengembalikan aset yang selama ini belum dikembalikan,” kata juru bicara Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, Kamis (16/6).

Gatot menjelaskan, adanya sejumlah aset kementerian yang dibawa dan belum dikembalikan oleh Roy Suryo diketahui berdasarkan audit Badan Pemeriksaan Keuangan atas Laporan Hasil Penilaian (LHP) 2015.

Dalam audit itu, Kemenpora mendapat status disclaimer.

“Salah satu temuan BPK itu adalah terkait masalah aset,” kata Gatot.

Olahraga Roy Suryo membantah telah membawa sejumlah aset negara milik Kemenpora. Ia menilai langkah Kemenpora yang menyebutnya membawa pulang aset negara adalah pengalihan isu atas status disclaimer yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan.

“Ini Kemenpora panik dapat disclaimer, karena dulu kan saat zaman saya minimal selalu dapat status ‘Wajar dengan Pengecualian (WDP)’,” kata Roy Jumat (17/6).

Roy mengatakan, bukan sekali ini saja Kemenpora mencoba mengalihkan isu atas status disclaimer yang didapatkannya. “Dalam pengalihan isu ini, ada borok yang jauh lebih besar yang ditutupi Kemenpora,” kata Roy.

Roy mengaku hingga Jumat sore ini belum mendapatkan surat penagihan aset yang sudah dikirimkan Kemenpora. Namun apabila nantinya sudah menerima surat itu, dia tidak akan menanggapi.

“Saya akan kembalikan suratnya. Ini tidak masuk akal,” katanya. (rizal)