Tuesday, 24 April 2018

20 Ribu Benih Nila Ditebar di Danau di Kampung Bintaro

Minggu, 19 Juni 2016 — 17:48 WIB
Petugas Sudin KPKP Jakarta Selatan menebar ribuan benih ikan nila di Waduk Cavalio, Pesanggrahan. (rachmi)

Petugas Sudin KPKP Jakarta Selatan menebar ribuan benih ikan nila di Waduk Cavalio, Pesanggrahan. (rachmi)

JAKARTA (Pos Kota) – Melestarikan keanekaragaman sumber daya ikan, aparat Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Selatan menebar 20.000 ekor ikan di danau Cavalio dan danau Kampung Bintaro, Pesanggrahan, Kecamatan Pesanggrahan.

“Penebaran benih ikan (restocking) juga bertujuan meningkatkan produktivitas perairan umum,“ kata Kasudin KPKP Jakarta Selatab, Kristrisasi Helenandari, Minggu (19/6/2016).

Jenis ikan yang ditebar adalah benih ikan nila merupakan hasil produksi Balai Benih Ikan (BBI) Ciganjur. Ikan ini memiliki kemampuan hidup yang cukup baik di perairan dengan kekeruhan yang cukup tinggi seperti di darah Pesanggrahan.

Waduk Cavalio berada di lahan seluas 6000 meter persegi dan luas Waduk Kampung Bintaro 1,2 hektar dengan kedalaman 80-120 cm. Adapun sumber air berasal dari buangan aktifitas rumah tangga perumahan dan air hujan.

Kedua danau tersebut menjadi salah salah satu sarana rekreasi bagi warga sekitar seperti pemancingan, dan lahan perairan potensial bagi pemenuhan kebutuhan protein masyarakat. (rachmi)