Saturday, 22 July 2017

Dirjen: Cintai Produk Dalam Negeri

Minggu, 19 Juni 2016 — 13:17 WIB
UKM

JAKARTA (Pos Kota) – Guna memajukan industri nasional, masyarakat luas harus mencintai dan menggunakan produk dalam negeri.

“Ini merupakan suatu keharusan. Bila tidak, bangsa ini tidak akan maju karena tanpa cinta buatan dalam negeri dampaknya produk industri kita tidak lagi dapat bersaing di segmen besar ataupun menengah,” kata Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kemenperin Euis Saodah.

Besarnya jumlah penduduk di Indonesia, lanjut Euis, semestinya menjadi peluang dan potensi pasar yang besar bagi industri nasional.

“Apabila faktor ini tidak dikelola dengan baik, nantinya menjadi ajang bebasnya barang impor dari berbagai negara di dalam negeri,” ungkapnya.

Oleh karena itu, diperlukan kerjasama dari semua pihak terkait agar dapat menjadikan produk dalam negeri mampu bersaing di pasar global.

Kemenperin memberikan apresiasi kepada IPEMI (Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia) yang terbentuk lebih kurang dua tahun ini karena terus berkontribusi mengembangkan dan mempromosikan produk-produk asli Indonesia.

“Kami berharap perajin IKM binaan IPEMI untuk menjadi wirausahawan yang tangguh, profesional, kreatif dan inovatif sehingga mendorong angka pertumbuhan, penguatan dan peningkatan daya saing global yang kita cita-citakan,” ujar Euis.

(tri/sir)