Friday, 21 September 2018

Hadapi Kroasia, Del Bosque Minta Spanyol Fokus

Minggu, 19 Juni 2016 — 8:36 WIB
Vincente del Bosque, pelatih Timnas Spanyol. (reuters)

Vincente del Bosque, pelatih Timnas Spanyol. (reuters)

NICE (Pos Kota) – Meski sukses membawa Timnas Spanyol lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2016, pelatih Vicente Del Bosque tetap mendesak anak-anak asuhnya fokus pada laga selanjutnya melawan Kroasia, 22 Juni mendatang.

Spanyol memastikan tempat ke babak perdelapanfinal usai menggilas Turki 3-0 di Allianz Riviera, Sabtu (18/6) dinihari WIB. Apa pun hasil laga berikutnya, tidak akan membuat skuad Del Bosque tergeser minimal dari urutan dua teratas Grup D. Dan bagi Spanyol juara grup akan lebih baik di laga perempat final nanti.

Meraih enam poin, Spanyol unggul dua angka dari Kroasia di posisi kedua, disusul Republik Ceko dengan satu angka, dan juru kunci, Turki tanpa angka. Walau demikian, lolos ke babak 16 besar belum cukup bagi skuad Del Bosque.

Tim berjuluk Matador itu dituntut bisa mengakhiri babak penyisihan sebagai juara
grup. Usaha itu tentunya akan dihadang Kroasia, tengah pekan mendatang. Tak heran jika Del Bosque meminta Cesc Fabregas dan kawan-kawan segera melupakan euforia lolos ke babak 16 besar demi fokus menghadapi Kroasia.

NGOTOT MENANG

Menurut Del Bosque, Kroasia bukan tim yang mudah dikalahkan. Apalagi tim asuhan Ante Cacic sudah dipastikan ngotot meraih kemenangan demi memburu status juara grup. “Kami sekarang harus fokus menghadapi pertandingan terakhir di Grup D melawan Kroasia. Mereka adalah tim yang bisa menyulitkan kami,” kata Del Bosque seperti dikutip Marca.

Bermodalkan kemenangan 3-0 atas Turki, Del Bosque yakin timnya bisa mengatasi Kroasia. Apalagi Alvaro Morata sudah mulai menunjukkan ketajamannya di lini depan dengan mencetak dua gol kontra Turki pada menit 34 dan 48. Sementara satu gol lainnya dilesakkan Nolito (37′).

“Sempat sulit bagi kami mencetak gol, tapi malam ini kami mencetak tiga gol. Tapi kesabaran yang diperlihatkan pemain, penyerang kami akhirnya mulai menunjukkan ketajaman. Saya yakin mereka bisa kembali melakukan itu melawan Kroasia,” ungkap Del Bosque.

Di sisi lain, kelemahan lini belakang Kroasia mulai terlihat setelah harus kehilangan kemenangan pasca ditahan Republik Ceko 2-2. Unggul lebih dulu lewat gol Ivan Perisic di menit 37 dan 59, Kroasia harus puas berbagi angka dengan Republik Ceko setelah kebobolan dua gol lewat aksi Milan Skoda menit 76 dan penalti Tomas Necid di penghujung
laga.

“Saya kecewa karena kami kehilangan konsentrasi di menit-menit terakhir pertandingan sehingga kami harus kehilangan dua angka. Saya harap hal itu tak terjadi lagi pada laga selanjutnya (melawan Spanyol),” tegas pelatih Cacic.(junius)